Penerima PSKS Cairkan Seluruh Bantuan

id antaralampung.com, berita lampung terkini, Penerima PSKS Cairkan Seluruh bantuan, lampung

Penerima PSKS Cairkan Seluruh Bantuan

Ilustrasi-Warga antre untuk mencairkan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di Kantor PT POS Pettrani, Makassar, Salawesi Selatan, Rabu (1/4). (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Diambil semua untuk kebutuhan sehari-hari, tidak bisa ditabung karena banyak keperluan."
Serang, (ANTARA Lampung) - Sebagian besar penerima bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) mencairkan seluruh bantuan sebesar Rp600 ribu yang mereka terima.

"Diambil semua untuk kebutuhan sehari-hari, tidak bisa ditabung karena banyak keperluan," kata Syariah, salah seorang penerima PSKS di Kantor Pos Kota Serang, Banten, Rabu.

Syariah seorang janda yang memiliki tiga anak masih usia sekolah, untuk kebutuhan sehari-hari hanya diperoleh dari hasil kerjanya sebagai buruh cuci rata-rata sebesar Rp200 ribu.

Hal senada dikatakan Tamra seorang lansia yang mendapatkan bantuan PSKS. Bantuan tersebut diambil seluruhnya untuk menambah modal warung kecil-kecilan miliknya.

"Saya ambil semua untuk modal jualan warung, pendapatan warung juga sedikit karena sepi," kata Tamra yang datang sendiri menumpang becak ke kantor Pos.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memantau langsung pencairan PSKS di Kantor Pos Kota Serang.

"Masing-masing yang pegang kartu boleh mencairkan Rp600 ribu hari ini, kalau ada yang tidak butuh boleh disimpan, nanti kalau anaknya mau masuk sekolah bisa dipakai jadi tidak hangus," kata Mensos.

Mensos menjelaskan, bantuan tersebut boleh diambil semua, boleh disimpan semua boleh diambil sebagian tidak hangus.

PSKS 2015 disalurkan secara serentak pada 1 April 2015 di 34 kota di 34 provinsi. Pemerintah menganggarkan Rp9,8 triliun untuk PSKS 2015.