F-PKS Gelar Lomba Penulisan Cegah Radikalisme

id F-PKS Gelar Lomba Penulisan Cegah Radikalisme

Jakarta (ANTARA Lampung) - Fraksi Partai Keadilan Sosial (PKS) di DPR menggelar lomba penulisan bertema kebangsaan sebagai andil mencegah paham radikalisme sekaligus menyambut HUT ke-17 partai yang dideklarasikan pada 20 Juli 1998 itu.

"Pasti lebih banyak orang Indonesia yang mencintai negerinya daripada 'menjual' negara hanya demi pemahaman sempit baik kedaerahan atau keyakinan agama," kata Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini di Senayan, Jakarta, Rabu (1/4).

Lomba penulisan bertema kebangsaan dilatarbelakangi oleh  globalisasi yang menjadi salah satu tantangan terbesar nasionalisme setiap bangsa.

Menurut dia di era globalisasi ini mulai bangkit isu radikalisme dan transnasional.

Lomba itu bertujuan memperkokoh nasionalisme dalam kerangka Negara Kesatuan RI.

"Fraksi PKS ingin ikut serta mengokohkan nilai-nilai agama sebagai perekat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Jazuli mengatakan nasionalisme di era globalisasi akan memudar apabila kurang kokoh dalam membentengi dampak globalisasi.

F-PKS tidak ingin paham radikal menodai agama di Indonesia yang sudah lama dianut.

Dia menjelaskan beberapa subtema dalam lomba karya tulis itu antara lain "Karakteristik Demokrasi Pancasila" dan "Peran Generasi Muda dalam Menjaga Keutuhan NKRI".

Selain itu, lomba itu dibagi ke dalam tiga kategori yaitu pelajar dan mahasiswa, umum, dan kategori ibu rumah tangga.