Api hanguskan tujuh ruko Pasar Tengah Bandarlampung

id antaralampung.com, berita lampung terkini, tujuh ruko pasar tengah lampung terbakar, edi hariyanto, kepala bpbd bandarlampung, lampung

......Sebagian toko juga digunakan juga sebagai gudang, sehingga banyak material seperti kain yang sulit dipadamkan," kata Edi......
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Hampir selama 16 jam api menghanguskan tujuh rumah toko (ruko) di Jalan Bengkulu, Pasar Tengah, Kecamatan Enggal, Bandarlampung.

Api baru berhasil dipadamkan pada Selasa pukul 10.00 WIB oleh petugas yang mengerahkan puluhan mobil pemadam kebakaran, sejak kebakaran terjadi pada Senin (30/3) pukul 19.00 WIB.

Berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan, sulitnya mendapatkan air menjadi kendala pihak pemadam kebakaran untuk menjinakan api. Bahan-bahan yang mudah terbakar membuat api semakin membesar.

Lebih dari 20 unit mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api. Kerugian akibat kebakaran itu diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Meskipun begitu, pihak kepolisian hingga kini masih menyelidiki dugaan awal penyebab kebakaran dengan melakukan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) sambil menunggu api benar-benar padam.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung Edi Hariyanto mengatakan sulitnya memadamkan api karena bahan material yang terbakar jika terkena api sulit padam.

Selain itu, sulitnya mendapatkan air membuat api semakin membesar dan merembet ke ruko lainnya.

"Sebagian toko juga digunakan juga sebagai gudang, sehingga banyak material seperti kain yang sulit dipadamkan. Sebab jika bagian atas sudah padam, dibawah belum tentu padam," kata dia.

Hal itulah yang membut BPBD bekerja keras selama 16 jam untuk memadamkan api tersebut.

Kebakaran besar itu terjadi pada Senin (30/3) pukul 19.00 WIB, api terus membesar sehingga merembet ke beberapa ruko.(Ant)