Artis Sarankan Pembangunan Bioskop Nasional

id Bangun Bioskop Nasional

Jakarta (ANTARA Lampung) - Artis Anna Tarigan menyarankan pemerintah untuk membangun Bioskop Nasional guna menjadikan tempat tersebut sebagai sarana khusus pemutaran film dalam negeri yang diharapkan dapat memajukan Film Indonesia.

"Peran pemerintah menyediakan sarana nasional untuk menampilkan film dalam negeri, saya pikir dapat menjadi salah satu solusi yang akan menyelesaikan permasalahan dunia perfilman kita saat ini," ujar artis yang memulai kariernya di dunia film tahun 1985 itu dalam peluncuran petisi nasional bertema "Jadikan Film Indonesia Tuan Rumah di Negeri Sendiri" yang berlokasi di Jakarta, Senin (30/3).

Pemain Sinetron "Doa Membawa Berkah" ini mengatakan kendala yang kerap dihadapi para pembuat film adalah tidak terdapatnya wadah untuk memutar karya mereka kelak.

Selain itu, karya-karya sineas dan sutradara yang berkualitas sering kalah bersaing dengan film asing yang membuat film mereka tidak bertahan lama di bioskop-bioskop Nusantara. Hal ini juga disebabkan oleh bisnis yang dijalankan para pengusaha bioskop yang terpaku pada keuntungan, katanya lagi.

"Harus ada tindakan nyata agar Film Indonesia tidak dinomorduakan di negaranya sendiri," ujar perempuan kelahiran 42 tahun silam itu.

Terkait dengan hal tersebut, dalam memperingati Hari Film Nasional yang ke-65 pada 30 Maret ini, Anna menilai pembuatan Bioskop Nasional dapat menjadi terobosan baru agar para sineas terus berkreasi menciptakan karya-karya bermutu, tanpa kemudian terkendala masalah sarana pemutaran film yang terbatas.

Hal ini, menurut dia, juga dapat membuktikan komitmen Presiden Joko Widodo yang ingin serius memberdayakan sektor ekonomi kreatif Indonesia, seperti yang ia rencanakan pada awal pemerintahannya akhir 2014.

"Daripada tanah-tanah luas kemudian dibangun dengan apartemen serta tempat perbelanjaan yang kerap tak terisi, lebih baik pemerintah membangun infrastruktur yang dapat mengembangkan kreativitas anak bangsa," katanya lagi.