Hasil Lomba Baca Puisi Online Ansor Lampung

id Lomba Baca Puisi Ansor Lampung

Waykanan, Lampung (ANTARA Lampung) - Pelajar SMAN 1 Kasihan Bantul Qari Dhea L memenangi lomba baca puisi online Pro-Migrasi Aman yang digelar sebagai upaya aktif mengkampanyekan migrasi aman dan mencegah terjadi perdagangan orang.

Dalam penjelasan yang diterima di Bandarlampung, Minggu (29/3), Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Waykanan Provinsi Lampung menyampaikan hasil penilaian dewan juri bahwa Qari memiliki vocal dan emosi bagus kendati masih ada kekurangannya.

Berdasarkan sejumlah kriteria penilaian, dewan juri memutuskan Qori paling bagus membawakan puisi dalam lomba yang terselenggara atas kerja sama GP Ansor Waykanan dengan International Organization for Migration (IOM) Indonesia dan Justice Peace Integrity of Creation (JPIC) FSGM.

Sedangkan juara II lomba baca puisi online Pro-Migrasi Aman ini adalah Alia Rahmawati, pelajar SMAN 3 Kota Tangerang Selatan membawakan puisi "Soli Gadis Sumba" karya Rieke Diah Pitaloka, sama seperti Qari.

Kemudian Juara III Chitami Budi Pertiwi, pelajar Madrasah Aliyah Negeri Rembang Jawa Tengah yang membawakan puisi karya "Balada TKI" karya Heru Sutadi.

Puisi-puisi yang ditetapkan panitia untuk dibaca peserta adalah "Soli Gadis Sumba" karya Rieke Diah Pitaloka, "Balada TKI" karya Heru Sutadi, "Elegi Nirmala Bonet" karya Mega Vristian, dan "Intan Terpendam" karya Dinda Astri seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Lampung.

Peserta lomba baca puisi tersebut cukup banyak, 70 orang, putra dan putri, namun banyak di antaranya yang tidak mengikuti ketentuan seperti tidak mencantumkan tanda pagar #AnsorProMigrasiAman.

Penilaian juri antara 0--100, dan keputusan tersebut bersifat mutlak atau tidak dapat diganggu gugat. Link pemenang lomba bisa dicari di Google atau Youtube dengan kata kunci #AnsorProMigrasiAman.

Juara pertama mendapatkan Rp750 ribu, juara kedua Rp500 ribu, dan juara ketiga Rp250 ribu.