Pergizi Pangan Ingatkan Pentingnya Sarapan Sehat

id antaralampung.com, berita lampung terkini, Pergizi Pangan Ingatkan Pentingnya Sarapan Sehat, lampung

 Pergizi Pangan Ingatkan Pentingnya Sarapan Sehat

Ilustrasi sarapan pagi (ist)

Sarapan sehat dapat membuat tetap semangat dan bertenaga di pagi hari, utamanya anak-anak."
Jakarta, (ANTARA Lampung) - Pergizi Pangan Indonesia mengingatkan kepada seluruh masyarakat mengenai pentingnya sarapan atau makan pagi yang sehat dan bergizi sebelum jam 9 pagi.

"Sarapan sehat dapat membuat tetap semangat dan bertenaga di pagi hari, utamanya anak-anak," kata Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Dr. Hardinsyah ketika mengisi acara "Gerakan Nasional Sarapan Sehat Sebelum Jam 9" di Jakarta, Minggu.

Ia menjelaskan, sarapan sehat bukan hanya mencegah rasa lapar, tetapi juga memberikan energi dan gizi yang dibutuhkan anak untuk belajar, bermain serta berolahraga.

Dengan sarapan pagi bisa membantu anak lebih fokus dalam belajar sehingga meningkatkan prestasi.

"Fakta menunjukkan tujuh dari 10 anak Indonesia menderita kurang gizi saat sarapan, itu akan mempengaruhi daya tangkap mereka ketika sekolah serta beraktivitas fisik," katanya.

Ia juga mengatakan, para ahli gizi sepakat bahwa sarapan sehat adalah makan-minum yang memenuhi seperempat kebutuhan gizi harian.

Selain itu, harus dilaksanakan sebelum pukul 9 pagi, karena tubuh sudah berpuasa selama 8-10 jam pada saat tidur.

Akibat dari tidak sarapan bisa beresiko terganggu pertumbuhan fisik dan mental anak.

Oleh karena itu, Pergizi Pangan Indonesia bekerjasama dengan Mayora Nutrition mengkampanyekan Gerakan Nasional Sarapan Sehat dengan 25.000 orang di empat kota besar.

Global Marketing Director Mayora Nutrition Ricky Afrianto mendukung untuk berkontribusi dalam pemenuhan gizi anak-anak.

"Kami mulai di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makassar. Kami harap semakin banyak keluarga terbiasa dengan sarapan pagi," ujarnya.