Di Lampung Selatan ada delapan pintu keluar tol

id berita lampung terkini, antaralampung.com, di lampung selatan ada delapan pintu keluar tol, rycko mendoza szp, bupati lamsel, tol sumatera, lampung

......Delapan yang kita usulkan, tapi yang disetujui baru lima titik," ujarnya......
Kalianda, Lampung Selatan (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP mengatakan, ada delapan kecamatan yang masuk dalam usulan pemerintah setempat sebagai pintu keluar (exit) tol dalam pembangunan jalan tol Sumatera.

Rycko di Kalianda, Jumat, mengatakan, delapan kecamatan itu adalah Bakauheni, Penengahan, Kalianda, Sidomulyo, Katibung, Tanjungbintang, Jati Agung, dan Natar.

Berdasarkan usulan itu, baru lima kecamatan yang mendapatkan persetujuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU dan Pera) untuk dijadikan lokasi pintu keluar tol tersebut.

"Delapan yang kita usulkan, tapi yang disetujui baru lima titik," ujarnya.

Delapan titik yang sudah diusulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tersebut merupakan lokasi yang memiliki potensi dan strategis sehingga pihak Kementerian PU dan Pera dapat menyetujui usulan yang diajukan pada pekan lalu oleh Pemkab Lampung Selatan.

Beberapa potensi di kecamatan yang diajukan sebagai pintu keluar tol tersebut, yakni Kecamatan Penengahan memiliki terminal agribisnis dan lokasi makam Pahlawan Nasional Raden Inten II dan Kecamatan Kalianda karena merupakan wilayah ibukota kabupaten.

Selain itu, Kecamatan Sidomulyo karena memiliki jalan alternatif menuju arah Jalan Lintas Timur Sumatera, Kecamatan Katibung karena merupakan daerah perindustrian, dan Kecamatan Natar memiliki Bandar Udara Radin Inten II.

"Yang kami usulkan ini merupakan daerah-daerah yang memiliki potensi, sehingga semua ini masih terus dapat didorong realisasinya," katanya.

Menurut dia, usulan delapan pintu keluar tol tersebut dinilainya masih perlu ditambah, mengingat bila pintu keluar tol tersebut sedikit dikhawatirkan tidak dapat menghidupkan daerah yang dilintasi jalan tol tersebut.

"Minimal delapan titik pintu keluar tol, tapi lebih banyak lebih bagus, karena dapat menghidupkan kawasan-kawasan lain di sini. Kalau pintu keluar tolnya sedikit dikhawatirkan daerah itu akan sepi dan akhirnya tidak berkembang," kata Bupati Lampung Selatan itu(Ant).