Bantuan Sembilan Parpol Lampung Selatan Rp990 Juta

id antaralampung.com, berita lampung terkini, Bantuan sembilan parpol Lampung Selatan Rp990 juta, lampung

...... alokasi dana bantuan tersebut berdasarkan perolehan jumlah suara dan kursi partai politik di DPRD," kata Minhairin......
Kalianda, Lampung Selatan  (ANTARA Lampung) - Sebanyak sembilan partai politik yang menempatkan wakilnya di DPRD Lampung Selatan, Provinsi Lampung, direncanakan mendapat bantuan keuangan melalui APBD setempat dengan nilai total mencapai Rp990 juta.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Lampung Selatan, Minhairin, di Kalianda, Kamis, mengatakan, alokasi dana bantuan tersebut berdasarkan perolehan jumlah suara dan kursi partai politik di DPRD.

"Bantuan dana parpol itu nantinya disesuaikan dengan perolehan kursi masing-masing parpol," kata dia.

Dia mengatakan, bantuan dana yang bersumber dari APBD 2015 Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan sebesar Rp990.523.152 itu, diberikan kepada sembilan parpol, meliputi PDI-P, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Nanura.

Ia mengatakan, pemberian bantuan bagi parpol itu berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2009 tentang bantuan keuangan kepada partai politik dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 24 Tahun 2009 tentang pedoman tata cara penghitungan, penganggaran dalam APBD, pengajuan, pelaporan dan laporan pentanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan politik.

"Merujuk aturan itu, setiap tahun pemerintah daerah secara rutin menganggarkan dana bantuan parpol. Sepanjang aturannya belum dicabut, ya tetap diberlakukan," kata dia.

Namun, Minhairin mengatakan, hingga saat ini belum ada satu parpol pun yang mengajukan diri untuk menggunakan dana tersebut.

"Hingga saat ini belum ada yang dicairkan. Pencairannya tergantung pengajuan partai," kata dia.