Pemprov Lampung Dorong Pembangunan Sektor Maritim

id Pembangunan Maritim Lampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Provinsi Lampung mendorong pembangunan sektor kemaritiman dan kelautan dengan penguatan konektivitas laut dan industri padat karya.

"Pemberantasan pencurian ikan, peningkatan konservasi dan pemanfaatan budidaya laut, penguatan kapasitas sumber daya manusia bidang kelautan, pemberdayaan masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil, merupakan bagian untuk membangun sektor maritim," kata Gubernur Lampung M Ridho Ficardo pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Lampung di Bandarlampung, Rabu (25/3).

Menurutnya, pengelolaan sumber daya alam di kawasan maritim juga harus dilakukan guna kepentingan kesejahteraan masyarakat.

"Kami juga tengah membangun kawasan maritim di Kabupaten Tanggamus dengan penyiapan lahan 1.000 hektare milik Pertamina," kata dia.

Kementerian Perindustrian, lanjutnya, berkeinginan menjadikan Kabupaten Tanggamus sebagai kawasan industri maritim. Tahap awal telah disiapkan lahan seluas 1.000 hektare untuk tahapan inventarisasi.

"Lahan seluas itu masih belum mencukupi untuk membangun kawasan industri maritim, tetapi secara bertahap akan diusahakan penambahan lahannya," kata Ridho.

Di sisi lain, Pemprov Lampung mendorong investasi yakni mendukung program modernisasi pasar tradisional, pembangunan pasar tradisional, serta percepatan penyelesaian perizinan melalui pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) dengan efisiensi maksimal 15 hari.

Kemudian di bidang energi dan ketenagalistrikan yakni mendukung optimalisasi pemanfaatan gas sebagai sumber daya energi, penguatan insfrastruktur energi, mengatasi kelangkaan listrik dan teknologi hemat energi.

"Harapannya dapat mewujudkan kedaulatan energi dan ketenagalistrikan," ujarnya.

Bidang pariwisata yakni mendukung peningkatan pengelolaan potensi kekayaan alam dan keanekaragaman budaya, mendukung pencapaian kunjungan wisata secara nasional serta insfrastruktur yang mendukung peningkatan perhubungan maritim, energi, pariwisata, kedaulatan pangan.

Hadir pada Musrenbang Provinsi Lampung Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrianof A Chaniago, Sekretaris Jenderal Kemendagri Yuswandi Temenggung, Deputi Bidang Kemiskinan Ketenagakerjaan dan UKM Kementerian PPN RI Rahma Irianti, anggota Forkopimda Provinsi Lampung, para bupati/wali kota, kepala SKPD dan instansi vertikal Provinsi Lampung, tokoh masyarakat, akademisi, serta kalangan dunia usaha di daerah ini.