Petempur Al-Houthi Maju ke Aden

id Konflik Yaman

Aden, Yaman (Antara/Xinhua-OANA) - Pertempuran sengit berkecamuk pada Selasa (24/3) antara petempur Al-Houthi dan milisi suku yang bersekutu dengan Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi di Provinsi Lahj, Yaman Selatan, kata seorang pejabat militer kepada Xinhua.
        
"Pertempuran sengit terjadi di Anad, Desa Kerish di Provinsi Lahj --yang menuju Aden, tempat Presiden Hadi saat ini menetap," kata pejabat yang terlibat dalam pertempuran tersebut dan tak ingin disebutkan jatidirinya. Ia menambahkan petempur kelompok Syiah Al-Houthi berusaha merebut satu pengkalan udara, sekitar 15 kilometer dari Kerish --yang dikuasai personel militer pro-Hadi.
        
"Sebanyak 12 pria bersenjata anggota Al-Houthi tewas selama dua jam pertempuran dengan anggota milisi pro-Hadi dan banyak lagi cedera di pintu masuk utara Provinsi Adh-Dhalea, yang bertetangga," kata sumber militer tersebut.
       
"Anggota Al-Houthi tiba di Prolvinsi Adh-Dhalea dengan mengenakan seragam keamanan dan bergabung dengan Brigade Lapis Baja Ke-33, yang bersekongkol dengan kelompok Syiah itu. Anggota milisi suku sekarang melancarkan serangan terhadap brigade tersebut," tambah sumber itu.

Penerjemah : Chaidar