Gerrard Dikartu Merah Saat MU Kalahkan Liverpool

id kartu, merah, gerard

Gerrard Dikartu Merah Saat MU Kalahkan Liverpool

John Powell (Liverpool FC via Getty Images)

Liverpool, (Antara/AFP/ANTARA Lampung) - Pertandingan terakhir Steven Gerrard melawan Manchester United berakhir dengan kartu merah ketika dua gol Juan Mata memaksa Liverpool menelan kekalahan 1-2 di Anfield pada Minggu.

Pada penampilan terakhirnya melawan seteru abadi klubnya sebelum hengkang ke LA Galaxy, kapten Liverpool Gerrad masuk setelah turun minum, namun kemudian diusir keluar lapangan dalam waktu 43 detik karena menginjak Ander Herrera, yang menjadi kreator untuk gol pembuka Mata pada menit ke-14.

Mata menambahi gol melalui sepakan voli akrobatik dan meski Daniel Sturridge mampu membalas satu gol dan penalti Wayne Rooney gagal berbuah gol, United mampu memberikan kekalahan perdana di liga bagi Liverpool sejak Si Merah kalah 0-3 di Old Trafford pada pertemuan pertama yang berlangsung pada Desember.

Laju 13 pertandingan Liverpool tanpa kekalahan membuat mereka mendapat kesempatan untuk menggeser United dan menduduki peringkat Liga Champions, namun justru yang terjadi pasukan Louis van Gaal tetap menghuni peringkat keempat, dan unggul lima angka atas rivalnya dengan delapan pertandingan tersisa di musim ini.

Momen kemarahan Gerrard terbukti menjadi hal yang banyak dibicarakan di pertandingan ini, namun hal itu tidak mengecilkan superioritas United ketika mereka mengonfirmasi telah kembali ke penampilan terbaiknya yang dipicu kemenangan 3-0 atas Tottenham Hospur pada akhir pekan silam.

Setelah empat kemenangan beruntun di liga -- dan hanya kemenangan kedua di Anfield dari delapan lawatannya -- United sekarang akan mengantisipasi pertandingan-pertandingan mendatang melawan Aston Villa, Manchester City, dan Chelsea dengan rasa percaya diri.

Sementara itu, para anak asuh Brendan Rodgers menghadapi jeda internasional sambil berharap dapat menemukan kembali momen kebangkitan saat mereka kembali bertarung di liga.

Dengan disaksikan Pele dan dua sosok legendaris United Alex Ferguson dan Bobby Charlton yang menghuni area direktur, tidak ada seremoni berlebihan ketika kedua tim memasuki lapangan yang disinari matahari yang cerah.

Kiper tim tamu David de Gea harus meluncur untuk menggagalkan peluang Raheem Sterling pada awal pertandingan, namun Unitedlah yang mengendalikan situasi, dengan sabar bertukar operan di lini belakang dan mencoba untuk membongkar pertahanan Liverpool yang terlihat kurang berhati-hati dengan bola.

Herrera sodorkan "assist" Menyusul sejumlah penguasaan bola, Herrera mengkreasikan gol pembuka dengan cerdik, mengirim umpan terobosan kepada pemain senegara Spanyolnya Mata, yang kemudian memasukkan bola ke sudut kiri bawah dengan menggunakan kakinya yang lebih lemah, yakni kaki kanan.

Sebagai responnya, Sturridge melepaskan sepakan voli melebar dari operan Jordan Henderson, namun dengan para penggemar United berada di belakang gawang De Gea, yang bersorak-sorai, tim tuan rumah terlihat kurang bertaji.

Barulah sekitar sepuluh menit sebelum turun minum Liverpool mampu mendapat peluang bagus, namun umpan silang Jordan Henderson yang diteruskan ke Adam Lallana oleh Sturridge, gagal dimaksimalkan oleh mantan pemain Southampton itu yang hanya mampu melepaskan tembakan melebar saat De Gea sudah tidak mampu menjangkau bola.

Rodgers memutuskan untuk memasukkan Gerrard saat turun minum untuk menggantikan Lallana, namun tindakan itu terlihat seperti 'senjata makan tuan.' Beberapa detik setelah masuk, Gerrard menghadang Mata dan ketika Herrera membantu rekan setimnya, kapten Liverpool itu bereaksi dengan menginjak betis kiri lawannya yang membuat wasit Martin Atkinson tidak memiliki pilihan selain mengusirnya keluar lapangan.

Philippe Coutinho berupaya memicu kebangkitan timnya, dengan melepaskan tembakan jarak jauh yang masih belum tepat sasaran, namun pada menit ke-60, United menggandakan keunggulan mereka melalui gol indah.

Empat menit setelah menggantikan Ashley Young, Angel di Maria mengirim bola cungkil ke kotak penalti yang tertuju ke Mata yang melepaskan sepakan gunting untuk membuat bola tidak dapat dihentikan Simon Mignolet.

Kelihatannya tidak ada jalan untuk kembali bagi tim tuan rumah, namun sepuluh menit berselang Coutinho menyodorkan operan kepada Sturridge di sisi kanan, dan penyerang Inggris itu melepaskan tembakan kaki kanan yang bersarang ke tiang dekat De Gea.

Setelah Emre Can dinyatakan melanggar Daley Blind di kotak terlarang, Rooney melihat eksekusi penaltinya dapat digagalkan Mignolet, namun ini merupakan hari keberuntungan United dan permainan Liverpool berakhir dengan catatan buruk di mana Martin Skrtel terlihat menginjak De Gea ketika bek LIverpool itu sedang mengejar umpan terobosan.