Mahasiswa IBI Darmajaya Gelar Festival Film Indie 2015

id Festival Film Indie Lampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Unit Kegiatan Mahasiswa Darmajaya Computer & Film Club (UKM DCFC) di Kampus Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya siap menyelenggarakan Festival Film Indie Lampung tahun 2015 yang tidak hanya diikuti sineas lokal, tapi juga dari seluruh Indonesia.

Ketua UKM DCFC IBI Darmajaya, Gusti Arifky, di Bandarlampung, Minggu (8/3), mengatakan Festival Film Indie (FFI) Lampung 2015 merupakan ajang ekspresi sekaligus unjuk prestasi bagi pembuat film indie yang umumnya berasal dari kalangan muda komunitas film, baik sekolah maupun kampus bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas perfilman di Lampung, .

Tema yang diusung FFI Lampung 2015, yaitu "Tunjukkan Pada Indonesia, Semangat dan Jiwa Indiemu Dengan Karyamu" dengan tujuan untuk memotivasi sineas-sineas di Indonesia dapat berapresiasi dalam acara ini dan menunjukkan semangat maupun jiwa perfilmannya pada Indonesia dengan karya-karyanya.

Pada FFI Lampung 2015 ini, menurutnya, penghargaan akan diberikan untuk 13 nominasi, yakni film terbaik, film Lampung terbaik, film terfavorit kategori umum, kategori Lampung, sutradara terbaik, aktor, aktris, editor, kameramen, dan penata musik terbaik.

"Selain itu, ada nominasi ide cerita terbaik, penata musik, pemeran pendukung pria dan pemeran pendukung wanita. Ini keenam kalinya kami menyelenggarakan event yang sama. Diharapkan event ini berdampak positif pada perkembangan perfilman di Lampung, bahkan di Indonesia," katanya.

Lebih lanjut Gusti menjelaskan, bagi calon peserta yang berminat mengikuti ajang FFI Lampung 2015 ini, bisa mendaftarkan diri pada 15 April 2015 dengan biaya pendaftaran Rp50.000 per judul film.

Peserta dapat mengirimkan karyanya langsung ke Sekretariat UKM DCFC IBI Darmajaya atau menghubungi nomor 089672762289 (Pandu).

Selain kompetisi film, juga diadakan pemutaran film (screening) pada 20--22 April 2015, kemudian dilanjutkan coaching clinic atau workshop bersama juri FFI Lampung yang akan dilaksanakan 1 Mei mendatang, dan puncaknya adalah malam anugerah FFI 2015 yang akan mengumumkan nama-nama pemenang dari 13 nominasi yang telah diseleksi oleh juri.

Dia berharap, ajang ini dapat menambah wawasan bagi para pecinta film indie dalam menghasilkan karya perfilman.

"Diharapkan acara ini dapat menghidupkan perfilman indie di Lampung. Kami ingin perfilman Lampung bisa lebih maju dan mampu bersaing dengan karya-karya bergengsi di tingkat nasional," ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Sumber Daya IBI Darmajaya, Novita Sari SSos MM, mewakili Rektor, Dr Andi Desfiandi SE MA, mengatakan FFI Lampung 2015 ini bisa menjadi sarana dan apresiasi bagi para pecinta film yang telah melahirkan karya-karya terbaiknya.

"Mudah-mudahan melalui event ini akan memotivasi mereka untuk lebih baik lagi dalam menghasilkan karya, serta merangsang minat atau daya tarik masyarakat terhadap dunia perfilman," ujarnya.