Bopi Masih Temukan Dokumen Klub Bermasalah

id bopi, pssi, titik, temu

Bopi Masih Temukan Dokumen Klub Bermasalah

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) (ist)

"Memang sudah ada beberapa klub yang menyetorkan laporan keuangan. Tapi terkesan asal ada. Kami minta itu diperbaiki sesuai pedoman standar akuntansi keuangan yang berlaku. Tidak usah terlalu rumit, yang standar saja."
Jakarta, (ANTARA Lampung) - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) setelah melakukan verifikasi masih menemukan dokumen klub peserta Indonesia Super League (ISL) bermasalah sehingga demi kelancaran proses selanjutnya badan ini meminta PT Liga Indonesia selalu operator kompetisi segera melengkapinnya.
        
Sekjen BOPI Heru Nugroho di Jakarta, Rabu mengatakan, kelengkapan dokumen yang bermasalah diantaranya terkait dengan laporan keuangan klub. Selain itu juga terkait dengan legalitas badan hukum klub yang akan turun di kompetisi tertinggi di Tanah Air itu.
        
"Memang sudah ada beberapa klub yang menyetorkan laporan keuangan. Tapi terkesan asal ada. Kami minta itu diperbaiki sesuai pedoman standar akuntansi keuangan yang berlaku. Tidak usah terlalu rumit, yang standar saja," kata Heru.
        
Demi kelancaran proses selanjutnya, kata dia, BOPI telah mengirimkan hasil verifikasi sementara yang dilakukan ke PT Liga Indonesia. Dengan harapan, operator kompetisi itu segera memperbaiki dan melengkapi kekurangan yang ada.  
   
"Hasil verifikasi sudah kami kirimkan kemarin, Selasa (3/3). Saat ini kami masih menunggu tanggapan dari PT Liga Indonesia. Biasanya akan dilakukan diskusi untuk membahas hal ini," katanya menambahkan.
        
Berdasarkan hasil verifikasi, kata dia, pihaknya juga menemukan beberapa hal menarik termasuk masalah NPWP. Menurut dia, dalam dokumen yang dikirimkan ke BOPI ada klub yang melampirkan fotokopi NPWP, namun data tersebut justru diklaim milik pihak lain. Selain itu, pihaknya juga menemukan masalah dalam hal SIUP.
         
"Sejumlah klub memang sudah menyetor fotokopi SIUP-nya, tapi sebagian lagi ternyata menjalani bidang usaha yang berbeda dengan data di dokumen SIUP mereka. Makanya verifikasi faktual akan dilakukan. Ini sangat penting untuk memastikan dokumen yang kami terima," kata mantan staf khusus menpora diera Roy Suryo itu.
        
Untuk itu, kata dia, pihaknya meminta PT Liga Indonesia segera melengkapi dokumen yang dibutuhkan dan selanjutnya akan dilakukan verifikasi lanjutan. Jika proses verifikasi tuntas termasuk verifikasi faktual terhadap klub-klub tertentu, rekomendasi pelaksanaan kompetisi ISL 2015 akan segera dikeluarkan.
        
Meski belum mendapatkan rekomendasi dari BOPI, PT Liga Indonesia selaku operator ISL 2015 telah mengeluarkan jadwal baru. Sesuai jadwal yang akan, kick off kompetisi tertinggi di Tanah Air itu akan dilakukan 4 April. Ada enam pertandingan yang akan menjadi pembuka diantaranya Arema melawan Persija dan Persipura melawan Persiram.
        
Jadwal ini berbeda dengan yang dirilis PT Liga Indonesia sebelumnya. Pada jadwal pertama untuk kick off 20 Februari lalu, pertandingan pertama akan mempertemukan sang juara bertahan Persib Bandung melawan Persipura Jayapura.