Masyarakat Kirim Kuda Troya Ke KPK

id Kriminalisasi KPK

Jakarta (Antara Lampung) - Koalisi masyarakat sipil yang terdiri dari 85 organisasi mengirimkan tiruan Kuda Troya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menunjukkan rasa kekecewaan terhadap pimpinan KPK yang melimpahkan kasus Komisaris Jenderal (Pol) Budi Gunawan ke Kejaksaan.
        
"Membawa simbol kuda, ini menyimpulkan gambaran kenyataan dialami KPK, melambangkan ada penyusup yang hendak menghancurkan KPK dari dalam. Jadi bukan tidak ada kaitaannya dengan kesejahteraan rakyat, ketika KPK dilemahkan maka rakyat tidak sejahtera," salah satu perwakilan lembaga swadaya masyarakat Lamen Hendrasaputra di gedung KPK Jakarta, Rabu.
        
Replika Kuda Troya yang berukuran kuda dewasa itu terbuat dari papan dan ditempeli gambar dua pelaksana tugas (plt) pimpinan KPK Taufiequrachman Ruki dan Indriyanto Seno Adji.
        
Replika kuda troya itu menggambarkan adanya penyusup di KPK karena kuda Troya merupakan strategi perang dalam mitologi Yunani untuk mengalahkan musuh dengan memasukkann patung kuda berisi pasukan yang kemudian menyerbu saat malam hari.
        
"Kita menyatakan mosi tidak percaya kepada Ruki dan plt lain karena sudah menghancurkan martabat KPK dalam memberantas korupsi, KPK paling relevan untuk pemberantasan korupsi," tambah Lamen.
        
Ia juga menilai bahwa pelimpahan kasus oleh KPK merupakan langkah mundur.