Korupsi Hambalang, Machfud Suroso Dituntut 7,5 Tahun

id Koruptor Hambalang Dituntut

Jakarta (ANTARA Lampung) - Direktur Direktur PT Dutasari Citra Laras (DCL) Machfud Suroso dituntut pidana 7 tahun dan 6 bulan penjara dan denda sebesar Rp300 juta subsider 6 bulan kurungan ditambah pidana pengganti sebesar Rp36,818 miliar subsider 4 tahun pidana penjara.

Machfud Suroso dinilai terbukti melakukan tindak pidana korupsi sehingga merugikan keuangan negara dari proyek Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Bukit Hambalang.

"Kami penuntut umum menuntut agar majelis hakim memutuskan terdakwa Machfud Suroso terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi menjatuhkan pidana penjara selama 7 tahun 6 bulan ditambah pidana denda Rp300 juta subsider 6 bulan kurungan," kata ketua jaksa penuntut umum KPK Fitroh Rohcahyanto di pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (4/3).

Tuntutan tersebut berdasarkan dakwaan kedua yaitu pasal 3 jo pasal 18 UU No 31 Tahun 1999 jo UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP mengenai perbuatan menguntungkan diri sendiri dan orang lain dan merugikan keuangan negara.

"Hal yang memberatkan adalah terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi dan mengakibatkan proyek P3SON Hambalang di Kementerian Pemuda dan Olahraga tidak tercapai," tambah Fitroh.

Sedangkan hal yang meringankan untuk kerabat dari Anas Urbaningrum itu adalah ia dinilai belum pernah melakukan perbuatan melanggar hukum, menyesali perbuatannya, memiliki tanggungan keluarga dan bersikap sopan.

Machfud juga dituntut untuk membayar pidana tambahan yaitu uang pengganti senilai Rp36,818 miliar.

"Membayar uang pengganti Rp36,818 miliar dengan ketentuan apabila dalam waktu satu bulan setelah putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap terdakwa tidak dapat membayar uang pengganti maka diganti dengan pidana penjara selama 4 tahun," ujar Fitroh.