Penjualan Batu Mulia Via "Online" Raih Terbesar

id batu, mulia, akik

Penjualan Batu Mulia Via "Online" Raih Terbesar

ILUSTRASI-Pameran Batu Mulia (ANTARA FOTO/Lucky R.)

Jakarta, (ANTARA Lampung) - Jual beli batu mulia yang menjadi fenomena di tengah masyarakat juga marak diperdagangkan secara "online" (dalam jaringan/daring), termasuk di situs Bukalapak.com yang meraih ribuan transaksi jual beli dan terbesar setiap harinya daripada produk lain.
         
Pendiri sekaligus CEO Bukalapak.com Achmad Zaky di Jakarta, Minggu, mengatakan batu mulia saat ini menjadi item yang paling banyak diperjualbelikan di situsnya. Jumlah transaksi online batu mulia meningkat signifikan dalam tiga bulan terakhir.
         
"Saat ini transaksi batu mulia di Bukalapak.com luar biasa. Pertumbuhannya bisa naik dua kali lipat setiap bulan dengan nilai transaksi mencapai ratusan juta rupiah per hari. Kondisi ini membuat harga batu mulia juga luar biasa tinggi," ujar Zaky kepada wartawan.
         
Di situs Bukalapak.com, batu mulia dan sepeda masuk dalam kategori hobi yang paling dicari dan diminati pembeli. Khusus batu mulia, ada tiga jenis batu yang menjadi produk yang paling dicari dan diminati, yakni batu opal dengan 2.267 transaksi (feedback), lalu batu bacan (2.004 transaksi), dan batu akik (1.645 transaksi).      
    
Dengan transaksi secara "online", kata dia, para pemain batu mulia itu tampaknya ingin memaksimalkan peluang pasar dan membidik segmen pasar yang lebih luas hingga merambah ke luar daerah, bahkan ke luar pulau.
         
Fenomena transaksi batu mulia ini juga diakui penjual yang aktif bertransaksi melalui situs Bukalapak.com.      
     
"Transaksi batu mulia itu memang menarik. Akan tetapi, karena sifatnya yang sesaat, saya hanya mencoba memaksimalkan peluang bisnisnya saja, bukan untuk jangka panjang," ujar Jamil, seller Bukalapak.com yang tinggal di Bogor.    
     
Bukalapak.com didirikan oleh Ahmad Zaky bersama teman kuliahnya di ITB, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid. Saat ini jumlah pelapak (istilah bagi penjual di Bukalapak.com) mencapai lebih dari 150.000 orang dengan jumlah pengunjung lebih dari 500.000 orang per harinya.