Ratusan Siswa Seleksi Beasiswa Perintis Nusantara Lampung

id beasiswa, sisa

Faktor ekonomi bukanlah menjadi penghalang meraih hal tersebut."
Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Sebanyak 950 siswa sekolah menengah atas di Provinsi Lampung mengikuti seleksi untuk mendapatkan Beasiswa Perintis Nusantara (BPN) untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
        
Beasiswa Perintis Nusantara Lampung hadir untuk dapat membantu para pelajar SMA di Lampung agar bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri favorit, dengan cara dibimbing secara intensif dan terintegrasi dengan sistem asrama yang terpadu selama 24 jam, kata Subian Saidi, Direktur BPN Lampung, di Bandarlampung, Senin.
        
Menurutnya, setiap siswa tentu memiliki mimpi untuk bisa menggapai cita-citanya dan mempunyai keinginan yang sama untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
        
"Faktor ekonomi bukanlah menjadi penghalang meraih hal tersebut," katanya pula.
        
Dia menjelaskan, tujuan dari BPN itu adalah untuk memberikan kesempatan yang sama bagi pelajar lulusan SMA sederajat dapat masuk PTN favorit bagi siswa yang tidak mampu namun berprestasi.
        
"Harapan ke depan, juga ada forum alumni BPN yang terus dibina agar semakin berprestasi serta beriman dan bertakwa kepada Allah SWT," ujarnya lagi.
        
Subian menambahkan, BPN telah memasuki tahun ketiga penyelenggaraan, dan sangat diminati siswa di Provinsi Lampung lantaran pendaftar untuk tahun ini saja mencapai angka 950 pelajar, yaitu dari Jurusan IPA 580 siswa, dan Jurusan IPS 370 siswa.
        
Padahal pada tahun pertama hanya 100 pendaftar, kemudian tahun kedua sebanyak 300 pendaftar, ujarnya.
        
Penyelenggaraan try out ujian calon peserta penerima BPN itu telah dilaksanakan pada Minggu (22/2), di Masjid Al Wasi¿i Kampus Universitas Lampung (Unila) dan gedung dekanat FMIPA Unila mulai pukul 07.30 WIB sampai selesai.
        
Dari seluruh pendaftar sebanyak 950 siswa itu, hanya akan diseleksi dan dipilih sebanyak 50 siswa yang kemudian akan dibimbing secara intensif dan diasramakan mulai 11 Mei sd. 11 Juni 2015.
        
Siswa yang nantinya diterima di PTN favorit akan dibimbing untuk mendapatkan Bidik Misi.
      
Para peserta BPN nantinya akan mendapatkan fasilitas, seperti asrama tempat tinggal, makan tiga kali sehari, pembinaan spiritual, pembelajaran intensif, modul dan try out, pembahasan soal-soal, training motivasi, jadwal khusus konsultasi, pendampingan minat dan penjurusan PTN, kata Subian pula.