Lampung Tengah Bina Sanggar Seni Tari

id Lampung Tengah

Lampung Tengah Bina Sanggar Seni Tari

Wakil Bupati Lampung Tengah H Mustafa menyematkan tanda peserta Program Pembinaan Seni Tari 2015 (Humas Pemkab Lampung Tengah)

Gunung Sugih (Antara Lampung) - Pemkab Lampung Tengah menyebutkan upaya pelestarian produk kesenian daerah tampak semakin tidak mudah dilakuka mengingat berbagai aspek kehidupan yang berkembang di masyarakat telah semakin kuat menggerogoti daya tahan kesenian daerah.
   
"Salah satu pengaruh kuat datang dari perkembangan budaya populer dengan segala bentuknya," kata Bupati Lampung Tengah H A Pairin dalam kegiatan Pembinaan Sanggar Seni Tari di Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2015.
   
Bupati menyebutkan kenyataan seperti itu tentu saja bukan suatu hal yang harus disikapi  dengan hanya sekadar  perasaan prihatin.

"Pada satu sisi, kita memang nyaris tidak bisa membendung pengaruh budaya pop yang tumbuh dan berkembang seiring dengan proses globalisasi. Tetapi  pada sisi lain, adalah kewajiban kita bersama untuk berpikir dan bertindak kreatif, agar produk budaya seperti kesenian daerah tidak tenggelam karenanya.

Jadi sesungguhnya usaha melestarikan produk-produk kesenian tradisional, memerlukan dukungan dari semua pihak, terutama dari mereka yang memiliki rasa keprihatinan yang sama bahwa suatu saat kesenian tradisional, khususnya seni tari, akan tersisih dari gerak kehidupan masyarakat sehari-hari," katanya.

Untuk itu, ia berharap kepada segenap peserta dapat terus melakukan berbagai upaya pelestarian kesenian tradisonal khususnya seni tari.

"Tidak kalah penting adalah berusaha mencari dukungan masyarakat yang peduli terhadap pelestarian kesenian tradisional sehingga apresiasi masyarakat terhadap kesenian tradisonal khususnya seni tari dapat meningkat. Selanjutnya masyarakat juga diharapkan ikut aktif dalam upaya mempertahankan eksistensi produk kesenian daerah. Dalam hal itu masyarakat harus mempelajari cara-cara kesenian tersebut diwariskan dan dipelajari oleh anak-anak dan generasi muda," katanya.
 
Selain itu, ia juga berharap melalui kegiatan ini dapat mendorong meningkatnya kreativitas para seniman/ seniwati Kabupaten Lampung Tengah di bidang seni tari.