Permukiman Warga Bakauheni Longsor

id longsor, permukiman, warga, bakauheni

Permukiman Warga Bakauheni Longsor

Longsor di Bakauheni Lampung Selatan (ANTARA LAMPUNG/Kristian Ali)

Kendaraan itu diparkir di bawah, karena jalan di sini tanjakan, sehingga saat longsor semuanya tertimpa."
Bakauheni, Lampung Selatan, (ANTARA Lampung) - Permukiman penduduk di Dusun KP Jering Desa/Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan mengalami longsor akibat hujan deras yang mengguyur daerah ini, Rabu (18/2) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.
   
Berdasarkan keterangan warga setempat, Jamal, Rabu, longsor yang terjadi saat enak-enaknya tidur itu, melanda halaman rumah miliknya dengan kedalaman tanah amblas antara 5--6 meter.
        
Dia menuturkan, peristiwa tanah longsor tersebut terjadi sekitar pukul 03.00 WIB, menyusul turunnya hujan lebat di daerah itu.Namun dilaporkan tidak ada korban jiwa.
        
Akibat longsor itu, satu unit kendaraan pribadi Toyota dan dua unit sepeda motor milik Jamal rusak parah, setelah tertimpa bongkahan tanah, lantaran kendaraan tersebut terparkir persis di bawah longsoran tersebut.
        
"Kendaraan itu diparkir di bawah, karena jalan di sini tanjakan, sehingga saat longsor semuanya tertimpa," ujar Jamal.

        
Atas kejadian itu, Jamal mengaku mengalami kerugian yang cukup besar, namun dia bersyukur masih beruntung peristiwa itu tidak sampai merenggut korban jiwa.

        
"Kalau mau dihitung-hitung lumayan besar kerugian akibat longsor ini, tapi yang terpenting semua keluarga selamat," kata dia.

        
Jamal mengatakan, peristiwa itu juga sempat membuat dirinya dan keluarga trauma.

        
Karena itu, dia berharap, pemerintah setempat dapat memberikan perhatian atas kejadian itu.

        
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan Saiful Akhiruddin mengatakan, pihaknya sudah melakukan pendataan dan segera melaporkan kejadian ini kepada pimpinannya atau kepala daerah.

        
"Sudah kami data semua, selanjutnya akan kami laporkan ke atasan sekaligus berkoordinasi dengan Dinas PU untuk langkah antisipasi agar tidak terjadi longsor susulan," katanya. ***4***
(KA*B014)
(T.B014/B/T. Susilo/T. Susilo) 18-02-2015 18:49:45