Pemkot Bandarlampung Bagikan Sertifikat Lahan Proda

id bpn, sertifikat, tanah, proda

Pemkot Bandarlampung Bagikan Sertifikat Lahan Proda

ilustrasi Sertifikat Tanah (ist)

Sebanyak 280 bidang sertifikat yang masuk Proda ini adalah lanjutan sertifikat yang baru diselesaikan oleh Badan Pertanahan Nasional Bandarlampung."
Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kota Bandarlampung  membagikan sertifikat tanah melalui Program Agraria Daerah (Proda) sebanyak 280 bidang.
        
"Sebanyak 280 bidang sertifikat yang masuk Proda ini adalah lanjutan sertifikat yang baru diselesaikan oleh Badan Pertanahan Nasional Bandarlampung," kata Kasubag Pemerintahan Kelurahan Pemkot Bandarlampung, Idham Basyar, di Bandarlampung, Selasa.
        
Dia menyebutkan, 280 bidang sertifikat ini terdiri dari 100 bidang yang telah diajukan tahun 2011, dan 180 bidang yang diajukan tahun 2012.
        
Rinciannya, Proda tahun 2011 di antaranya Kecamatan Kemiling 15 bidang, Kecamatan Telukbetung Utara tujuh bidang, Kecamatan Bumiwaras 13 bidang, Kecamatan Telukbetung Timur enam bidang, Kecamatan Langkapura tujuh bidang, Kecamatan Tanjungkarang Pusat enam bidang, Kecamatan Telukbetung Barat satu bidang, Kecamatan Sukabumi enam bidang.
        
Kemudian, Kecamatan Labuhan Ratu empat bidang, Kecamatan Panjang 10 bidang, dan Kecamatan Telukbetung Selatan 16 bidang, Kelurahan Perwata lima, Kelurahan Way Halim Permai tiga, dan Kelurahan Pahoman satu bidang.
        
Sedangkan Proda tahun 2012 terdiri dari Kecamatan Telukbetung Timur sebanyak 23 bidang, Kecamatan Sukabumi 15 bidang, Kecamatan Telukbetung Utara 34 bidang, Kecamatan Panjang 70 bidang, Kecamatan Telukbetung Selatan 15 bidang, Kecamatan Bumiwaras 19 bidang, dan Kelurahan Way Laga empat bidang.
        
"Ini sertifikat susulan dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2015 ini, BPN Bandarlampung baru menerbitkan sertifikat untuk 267 bidang, sedangkan sisanya belum tahu kapan BPN menyelesaikannya, semua tergantung dari BPN sendiri," kata dia lagi.
        
Pembagian sertifikat Proda yang telah selesai dicetak ini, menurutrnya, belum bisa memastikan kapan akan dibagikan.
        
"Waktu pembagiannya saya belum tahu, karena masih menunggu jadwal, direncanakan wali kota yang akan langsung membagikannya, tapi yang jelas tidak akan lama lagi dibagikan," ujarnya.
        
Sedangkan sisa sertifikat lahan Proda yang belum diterbitkan oleh BPN, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk bersabar, karena semua berkas yang telah diajukan ke Bagian Pemerintahan, telah diteruskan ke BPN.
        
"Saya minta masyarakat tetap sabar, karena BPN saat ini sedang memproses semua berkas pengajuan penerbitan sertifikat lahan dalam Proda ini," katanya lagi.