KI Lampung Ingatkan Ancaman terhadap Wartawan

id Penembakan Pemred Tabloid Fokus Lampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Lampung Juniardi mengingatkan masih adanya ancaman berupa tindak kekerasan maupun keselamatan jiwa wartawan khususnya di Lampung, kemudian minta aparat kepolisian segera mengungkap kasus kematian Pemimpin Redaksi Tabloid Fokus Lampung Benny Faisal sekaligus membekuk pelakunya. 

"Atas nama pribadi dan lembaga, saya mengucapkan duka cita mendalam atas berpulangnya Benny Faisal, Pemred SKM Fokus Lampung. Semoga almarhum ditempatkan di sisi-Nya atas jasa jasa dan perjuangan di dunia jurnalistik," ujar Juniardi di Bandarlampung, Selasa (27/1).

Dia menyatakan, peristiwa itu sangat miris atas jaminan keamanan dan indikasi kekerasan terhadap pers.

Secara pribadi, saya kenal baik dengan Sdr Benny dalam kiprahnya. "Saya mencurigai peristiwa ini ada hubungan dengan tugas tugas jurnalistik yang dijalankannya," ujar dia pula.

Ia menyatakan, bulan lalu, Benny sempat berkeluh kesah (curhat) terkait berita-berita di medianya yang berupaya membongkar dugaan penyimpangan proyek-proyek di Lampung yang terindikasi korupsi, dan korban mengakui mendapat tekanan-tekanan.

"Kita semua berharap pihak kepolisian segera mengusut tuntas kasus kematian Benny ini. Kita meminta kepolisian benar-benar dapat bekerja secara maksimal," katanya.

Dia mengingatkan agar rekan-rekan pers wajib bersatu padu dalam menghadapi kasus ini, sehingga bisa diungkap apa sebenarnya yang terjadi.

Menurut dia, pers wajib curiga karena banyak oknum-oknum penegak hukum sekarang ini lebih berpihak kepada kekuasaan dan uang.

Berkaitan kasus tewasnya Pemred Tabloid Fokus yang diduga dilakukan tiga orang tidak dikenal yang menembak korban di rumahnya di Bandarlampung, Minggu (25/1) malam, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung juga menyampaikan keprihatinannya.

Ketua AJI Bandarlampung Yoso Muliawan menyampaikan, pertama, segenap pengurus dan anggota AJI Bandarlampung mengucapkan duka cita mendalam atas berpulangnya Beni Faisal, Pemred Tabloid Fokus Lampung. "Semoga almarhum mendapat tempat yang layak di sisi-Nya," ujar dia.

Kedua, kata Yoso lagi, AJI Bandarlampung berharap pihak kepolisian mengusut tuntas kasus penembakan dan percobaan pencurian sepeda motor di depan rumah almarhum.

"Masyarakat menunggu hasil pengusutan kepolisian, karena kasus pencurian atau pembegalan sepeda motor sudah makin meresahkan masyarakat," ujarnya pula.

AJI Bandarlampung meminta kepolisian benar-benar bekerja maksimal dan berharap masyarakat turut membantu jika memiliki informasi, termasuk jika ada informasi mengenai kerja jurnalistik almarhum yang berkaitan dengan peristiwa ini.

Korban telah dimakamkan di Bandarlampung Senin (26/1) siang, dan hingga kini pihak kepolisian masih terus mengusut kasus kematiannya untuk memastikan siapa pelaku dan motifnya apakah kriminal murni atau terkait dengan pemberitaan media yang dipimpin korban.