Awas Pohon di Bandarlampung Tumbang !

id Pohon Tumbang di Bandarlampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Warga Kota Bandarlampung Provinsi Lampung diminta untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya pohon tumbang saat hujan, mengingat beberapa hari terakhir kerap terjadi peristiwa pohon tumbang.

"Akhir-akhir ini kerap terjadi peristiwa pohon tumbang di Kota Bandarlampung, terutama saat hujan seperti sekarang ini," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) setempat, Budiman, di Bandarlampung, Minggu (25/1).

Dia menyebutkan beberapa wilayah di Bandarlampung masuk potensi pohon tumbang, seperti Jalan Emir M Noor, Jl Soekarno-Hatta, Jl Yos Sudarso dan Jl Raden Imba Kusuma.

Upaya mencegah hal serupa tidak kembali terjadi, Disbertam Bandarlampung telah membentuk tim untuk memangkas sejumlah pohon yang dinilai bisa membahayakan pengguna jalan.

"Umumnya pohon yang rawan tumbang adalah kedondong hutan, mengingat makin besar pohon tersebut akan lebih rapuh," katanya pula.

Dalam melakukan pemangkasan pohon, pihaknya memang mengalami kendala salah satunya adanya kabel listrik.

Pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan PT PLN di Lampung, jika sewaktu-waktu ada kabel yang tersangkut di pohon.

Ia menyampaikan, untuk mempermudah informasi kepada masyarakat jika ada pohon yang tumbang atau rawan roboh, Disbertam telah membuka layanan dengan menghubungi nomor telepon 252341.

"Warga bisa langsung datang ke kantor atau mengadu kepda RT atau lurah setempat," kata dia.

Sebelumnya pohon tumbang kembali terjadi di Jl Alamsyah Ratu Prawiranegara Kelurahan Serengsem Kecamatan Panjang pada Sabtu (24/1) sekitar pukul 21.40 WIB.

Pada saat kejadian tidak ada korban jiwa maupun kerugian materiil.

Menurut Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung, Wisnu, pihaknya selalu siap jika terjadi sesuatu, salah satunya pohon tumbang.

"Agar tidak menimbulkan kemacetan arus lalu-lintas, kami melakukan evakuasi dengan cepat. Sekitar 30 menit kami sudah berhasil membersihkan pohon yang tumbang," kata dia pula.