Ronaldo, Pemain Terbaik 2014

id sepakbola

Ronaldo, Pemain Terbaik 2014

Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo, meraih penghargaan FIFA Ballon d'Or 2014 yang berlangsung di Zurich, Swiss, Senin (12/1/2015). (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)

Zurich (Antara/AFP) - Pesepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo kembali meraih penghargaan tertinggi pemain sepak bola dunia Ballon D'Or oleh FIFA dalam upacara di Zurich Swiss, Senin malam waktu setempat.
         
Penyerang Real Madrid bernomor punggung tujuh itu mampu mempertahankan gelar sebagai pesepak bola terbaik dunia untuk ketiga kalinya dan meraih penghargaan Ballon D'Or 2014 dari dua kandidat lain yaitu pemain penyerang Argentina Lionel Messi dan penjaga gawang Jerman Manuel Neuer.
         
Sebelumnya, mantan penyerang Manchester United itu  pernah meraih penghargaan Ballon D'Or 2013 dan 2008.
         
"Saya tidak pernah menyangka akan memenangkan piala ini untuk kesempatan ketiga kalinya," kata Ronaldo dalam sambutan penghargaan kepadanya seperti dikutip AFP.
         
"Saya ingin menjadi salah satu pemain besar sepanjang waktu dan tentu saja itu membutuhkan upaya yang banyak," kata atlet kelahiran Funchal Madeira Portugal 1985 itu.
         
Ronaldo juga mengantarkan Real Madrid untuk meraih gelar Liga Champions Eropa yang ke-10 pada 2014 dengan mencetak 17 gol dalam 11 kali penampilan serta mengalahkan perolehan gol Messi yang tercatat sebanyak 15 gol dalam Liga Champions.
         
Selain Ronaldo, FIFA juga memberikan penghargaan pesepak bola wanita terbaik dunia 2014 kepada Nadine Kessler dari tim Wolfsburg Jerman, pelatih sepak bola tim putra 2014 kepada pelatih tim nasional Jerman Joachim Loew, pelatih sepak bola tim putri 2014 kepada pelatih tim Wolfsburg Jerman Ralf Kellermann.
         
Kemudian, penghargaan gol terbaik 2014 atau Puskas kepada pemain asal Kolombia James Rodriguez, penghargaan khusus Presiden FIFA untuk jurnalis asal Jepang Hiroshi Kagawa sebagai jurnalis tertua yang meliput Piala Dunia 2014.
         
FIFA juga menyusun Tim 2014 yang terdiri dari 11 bintang sepak bola terbaik dunia yaitu Manuel Neuer sebagai penjaga gawang, serta Philipp Lahm, Sergio Ramos, David Luiz, dan Thiago Silva di lini belakang.
         
Sementara, Angel Di Maria, Toni Kroos, Andreas Iniesta menjadi pemain tengah yang didukung pemain penyerang Lionel Messi, Christiano Ronaldo, dan Arjen Robben.