Kendalikan Malam Tahun Baru

id Kendalikan Malam Tahun Baru, Personel, Keamanan, Polisi, Turis, Wisatawan, DIY, DI Yogyakarta, Candi, Prambanan

Kendalikan Malam Tahun Baru

Anggota Polwan di jajaran Polda Lampung siap bertugas pengamanan. (ANTARA FOTO Dok/Dok/Kristian Ali)

Pengendalian malam tahun baru dilaksanakan di semua objek wisata pantai dengan menyiagakan 150 personel, sudah kami atur ploting personel di tiap objek wisata."
Bantul (ANTARA Lampung) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan sebanyak 150 personel di seluruh objek wisata pantai selatan wilayah setempat untuk pengendalian malam Tahun Baru 2015.

"Pengendalian malam tahun baru dilaksanakan di semua objek wisata pantai dengan menyiagakan 150 personel, sudah kami atur ploting personel di tiap objek wisata," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul, Bambang Legowo, Sabtu.

Ia mengatakan, personel pengendalian malam tahun baru tersebut berasal dari Disbudpar, Dinas Perhubungan (Dishub), kepolisian resor (Polres) dan polsek setempat, kemudian koramil serta polisi air, laut dan udara (Airud) serta masyarakat sekitar.

Menurut dia, dari semua objek wisata pantai selatan, Pantai Parangtritis diprediksikan akan lebih banyak dikunjungi wisatawan pada malam pergantian tahun dari 2014 ke 2015 tersebut, sehingga pengendalian difokuskan di objek wisata itu.

"Personel yang diterjunkan di objek wisata Pantai Parangtritis akan lebih banyak dibandingkan dengan objek wisata pantai lainnya, setidaknya ada sekitar 111 personel," kata Bambang Legowo.

Sementara itu, di objek wisata pantai lainnya yakni Pantai Samas disiagakan delapan personel, Pantai Gua Cemara 10 personel, kemudian Pantai Kuwaru sebanyak 11 personel serta Pantai Baru Pandansimo sebanyak 10 personel, katanya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut dan gangguan keamanan pada malam tahun baru, pihaknya berkoordinasi dengan jajaran Tim Pencarian dan Penyelematan (SAR) Bantul yang ada di masing-masing objek wisata.

"Kami juga akan membuat surat permohonan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan tembusan ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang berwenang menjangkau kawasan objek wisata itu," katanya.

Sementara untuk mengoptimalkan pelayanan kepada pengunjung yang akan merayakan pergantian tahun di Pantai Parangtritis, pihaknya menyiapkan tempat pemungut retribusi (TPR) tambahan, masing-masing untuk roda dua dan roda empat atau mobil pribadi.

"Untuk target pengunjung selama malam tahun baru hingga keesokan harinya, minimal sekitar seratus ribu orang, itu kalau cuaca normal, namun kalau kemudian hujan di wilayah utara sekalipun, tentu akan menjadi masalah," katanya.