Kata Warga, Tebang Pohon Tua

id Tebang Pohon Tua di Bandarlampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Warga Kota Bandarlampung meminta pemerintah kota setempat segera menebang pohon tua yang dikhawatirkan sewaktu-waktu dapat tumbang saat musim penghujan ini.

"Di jalan-jalan utama Bandarlampung, seperti Jl Sultan Agung banyak pohon tua, dan kapan saja bisa tumbang saat musim penghujan seperti ini," kata Marbuh (45), warga Kecamatan Way Halim, di Bandarlampung, Senin (22/12).

Dia menyebutkan ada pula pohon yang sudah tinggi, bagian ujungnya melengkung ke jalan dan terlihat rapuh, sehingga saat hujan deras disertai angin kencang dapat saja tumbang dan mencelakai pengguna jalan di sekitarnya.

"Pemkot Bandarlampung melalui dinas terkait agar segera melakukan pemotongan pohon tersebut," kata dia lagi.

Menurutnya, jika dibiarkan terlalu lama, pada musim hujan seperti ini pohon-pohon tersebut hampir dipastikan akan tumbang.

"Jangan sampai keberadaan pohon itu membahayakan pengendara yang akan melewati jalan tersebut, sehingga harus segera ditebang," ujarnya.

Hal senada disampaikan warga lainnya yang kerap melewati jalan tersebut, mengharapkan agar pohon yang sekiranya sudah akan tumbang atau membahayakan warga harus segera ditebang.

"Kondisi pohon yang sudah membahayakan itu seharusnya segera ditebang, tidak perlu membiarkan sampai habis, tapi cukup ujungnya saja yang dipangkas," kata Sari (28), warga Kecamatan Way Kandis.

Dia mengatakan, lebih baik hal yang membahayakan masyarakat umum segera dicegah, mengingat bila sudah memakan korban siapa yang akan bertanggungjawab.

"Pemkot Bandarlampung melalui dinas terkait memang melakukan penebangan pohon pada musim penghujan ini, namun tidak semua dilakukan penebangan," kata dia lagi.

Menurutnya, Pemkot Bandarlampung harus selalu memamantau kondisi pohon yang membahayakan warga, bisa dengan memangkas saja, menebang atau menggantinya dengan pohon muda yang baru.

Sebelumnya, Wali Kota Bandarlampung Herman HN telah memerintahkan dinas terkait agar segera melakukan peremajaan pohon dan melakukan penebangan terhadap pohon tua.

"Saya sudah memerintahkan dinas terkait agar segera melakukan peremajaan dan mengontrol pohon yang sudah lebat agar dipotong jangan sampai terlalu tinggi," kata Herman HN.

Dia mengatakan, pohon yang sudah tua dan tinggi seperti itu jika tidak segera dipangkas atau ditebang, saat hujan atau angin kencang bisa tumbang yang akan membahayakan warga.