ISIS Tinggalkan Mosul

id ISIS Tinggalkan Mosul, Iran, Garis Keras, Teroris, Arab, Timur Tengah

Para saksi mata mengatakan bahwa Mosul telah hampir dibersihkan dari teroris ISIS."
Teheran (Antara/IRNA-0ANA/ANTARA Lampung) - Mayoritas kelompok garis keras Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang juga dikenal sebagai Negara Islam (IS) telah melarikan diri dari kota Irak Mosul, kata laporan-laporan media.

Para saksi mata mengatakan bahwa Mosul telah hampir dibersihkan dari teroris ISIS, menurut laporan situs berita Al-Ahd.

ISIS atau ISIL melarikan diri menyusul perebutan kota Sinjar tetangga di Provinsi Nineveh oleh tentara Irak.

Pada Sabtu pagi, pasukan Peshmarga Kurdi melakukan  pukulan besar pada teroris ISIL, dan berhasil membebaskan satu desa dari kelompok Takfiri di Mosul.

Para pejuang Peshmarga mencapai kemenangan  terhadap kelompok Takfiri dan membebaskan tiga desa Dataran Tinggi Beark, Lembah Beark, dan Akrishat di  Mosul Barat Laut, sehari setelah mereka memecahkan pengepungan beberapa bulan di sekitar Pegunungan Sinjar.

Pada Jumat, Peshmarga berbaris menuju pangkalan militer ISIS di Kota Tal Afar Barat, Mosul. kota   terbesar kedua Irak.

Kolonel Umed Mohammed, komandan kelompok 300 pejuang Peshmarga di desa Kasr Reej, mengatakan  Jumat bahwa koridor ke Sinjar adalah 'di bawah kendali pasukan Peshmarga dan sekarang orang-orang dapat melakukan perjalanan bolak-balik'.

Desa Kasr Reej kurang dari 50km dari Sinjar dan hanya empat kilometer dari desa-desa sekitar Mosul yang dikendalikan oleh ISIS.

Pada Jumat, konvoi pejuang Peshmarga kembali ke markas  mereka untuk mengumpulkan perintah baru mereka, sementara ratusan pendatang baru tiba dari tempat-tempat  lain untuk bergabung di Sinjar.

Penerjamah: A. Krisna.