Pulau Sebesi Pasok Kelapa Kabupaten Lampung Selatan

id pulau sebesi,pasok kelapa kabupaten lampung selatan

Pulau Sebesi merupakan salah satu daerah penghasil buah kelapa di Lampung Selatan, selain penghasil kakao dan pisang."
Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Produksi komoditas kelapa di Pulau Sebesi Kecamatan Rajabasa yang cukup tinggi, sehingga dapat memasok sekitar lima ton komoditas itu setiap minggu, untuk memenuhi kebutuhan di Kabupaten Lampung Selatan.
        
'"Pulau Sebesi merupakan salah satu daerah penghasil buah kelapa di Lampung Selatan, selain penghasil kakao dan pisang," kata Kepala Desa Tejang Pulau Sebesi Lampung Selatan Syahroni, saat dihubungi dari Bandarlampung, Sabtu.
        
Ia menyebutkan bahwa harga kelapa ukuran sedang di tingkat petani setempat saat ini bertahan rendah, yakni Rp1.100 per buah.
        
Harga tersebut akan meningkat setelah buah kelapa tersebut didistribusikan dari Pulau Sebesi ke Dermaga Canti di Kalianda, Lampung Selatan dengan menggunakan perahu.
        
Petani di sana, menurut dia, terbiasa menjual kelapa kepada pengepul yang berada di Pulau Sebesi, dan mereka yang mendistribusikannya ke pedagang di Kalianda dan sekitarnya.
        
"Penampung komoditas tersebut tinggal menunggu buah kelapa tersebut untuk selanjutnya dijual ke pasar-pasar di kawasan Kalianda. Bahkan ada yang di jual ke Bandarlampung dan Jakarta," katanya pula.
        
Ia menyatakan produksi buah kelapa di daerah itu sempat mengalami penurunan karena penyakit busuk buah yang menyerang perkebunan kelapa petani di sana.
        
Menurutnya, terjadi serangan penyakit itu dapat diketahui tanda-tandanya, yakni pada pangkal buah kelapa akan menghitam dan selanjutnya dalam waktu dua sampai tiga hari akan terjadi pembusukan pada pangkal buah itu.
        
"Penyakit itu menyerang pada pangkal buah kelapa, bahkan belum sempat menua, buah kelapa akan jatuh ke tanah," ujarnya lagi.
        
Panen buah kelapa di Pulau Sebesi, lanjut Syahroni, antara 500--700 buah kelapa dalam satu hektare.
        
Dia menegaskan, usaha perkebunan kelapa merupakan salah satu sumber penghasilan masyarakat di daerah ini.