Ansor Waykanan Dorong Kader Terampil Menulis

id ansor,waykanan,pac,pelattihan

Satu PAC minimal mengirim satu sekretaris PAC dan dua sekretaris ranting. Pelatihan jurnalistik tersebut akan digelar di lokasi sama dengan PKD dan Diklatsar mulai 19 hingga 20 Desember 2014."
Waykanan, (ANTARA Lampung) - Sebagai upaya pengembangan kader, Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Waykanan di Provinsi Lampung mendorong kader terampil menulis, sehingga dapat menggunakan akal, pikiran, ide dan kreativitas untuk mengerjakan, mengubah atau pun membuat sesuatu menjadi lebih bermakna dengan menuliskannya.
        
Direktur Program Ansor Digdaya (Mendidik Generasi Memberdayakan Masyarakat) Heri Amanudin, di Blambanganumpu, Kamis, pengurus Cabang GP Ansor Waykanan menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar Barisan Ansor Serbaguna di Pondok Pesantren As Safi'iah asuhan Kiai Ali Mahrus di Kampung Serdang Kuring Kecamatan Bahuga.
        
Pada kegiatan seperti itu, menurutnya, akan banyak senior yang datang untuk bersilaturahmi, dan akan lebih bermakna jika ada keterampilan lain diberikan oleh para senior tersebut, ujarnya lagi.
        
Karena itu, PC GP Ansor Waykanan menginstruksikan keluarga besar nahdliyin di Waykanan yang memiliki 227 kampung/kelurahan dari 14 kecamatan mengikuti pelatihan jurnalistik, dengan mengutus sekretaris pimpinan anak cabang atau PAC dan pimpinan ranting untuk mengikuti pelatihan ini.
        
"Satu PAC minimal mengirim satu sekretaris PAC dan dua sekretaris ranting. Pelatihan jurnalistik tersebut akan digelar di lokasi sama dengan PKD dan Diklatsar mulai 19 hingga 20 Desember 2014," ujar Heri.
        
Narasumber yang akan mengisi pelatihan tersebut adalah Dr Rina Marlina MSi, dosen Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bandarlampung, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Waykanan Masriyanto, Ketua Kelompok Kerja Wartawan Waykanan (Pokjawan) Milyar SL, dan Ketua PC GP Ansor Waykanan Gatot Arifianto yang juga aktivis Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung dan Koordinator Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) atau Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia Wilayah Lampung.
        
"Pelatihan jurnalistik tersebut Insya Allah dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Waykanan Gino Vanollie, mengingat kami juga mengundang 14 pelajar sekolah menengah atas sederajat dari 14 kecamatan di daerah ini untuk ikut mengikuti pelatihan jurnalistik. Ini komitmen kami mewujudkan Ansor Digdaya," kata Heri pula.
        
Pengembangan kader merupakan salah satu program kerja PC GP Ansor Waykanan masa khidmat 2014--2018, dengan hasil yang diharapkan menumbuhkan kualitas para kader dengan sejumlah keterampilan yang dapat berdampak positif bagi organisasi pemuda Nahdlatul Ulama (NU) di Waykanan ini, demikian Heri Amanudin.