Presiden Jokowi Siap Berdialog dengan Warga Papua

id dialog papua

Jakarta (ANTARA Lampung) - Presiden Joko Widodo akan berdialog dengan masyarakat Papua di sela-sela kunjungannya ke Jayapura untuk menghadiri Perayaan Natal Nasional 2014 pada pekan depan, 27-28 Desember.

"Selain menghadiri Natal di Jayapura, beliau juga ingin berdialog dengan masyarakat tentang apa yang masyarakat inginkan untuk kesejahteraan mereka," kata Ketua Umum Perayaan Natal Nasional 2014 Yohana S Yembise di Jakarta, Kamis, seusai melaporkan kesiapan pelaksanaan acara kepada Presiden Joko Widodo.

Yohana yang juga merupakan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam Kabinet Kerja tersebut mengatakan segala sesuatu telah dipersiapkan untuk menyambut kunjungan pertama Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana ke Papua termasuk keamanan di Jayapura.

"Sebenarnya Jayapura itu aman tidak masalah," katanya terkait pengamanan.

Ia juga mengatakan bahwa konsep Perayaan Natal Nasional kali ini adalah Natal yang membawa damai, terutama dari tingkat keluarga.

Sebelumnya Yohana mengatakan bahwa dua juta masyarakat Papua diperkirakan hadir di Lapangan Papua Bangkit untuk mengikuti Perayaan Natal Nasional yang akan dihadiri Presiden.

Ia mengatakan bahwa panggung telah mulai disiapkan dan warga sangat antusias karena baru pertama kali Presiden Republik Indonesia membuat acara Natal di Papua.

Presiden, menurut dia, juga dijadwalkan melakukan blusukan ke sejumlah pasar, Sekolah Luar Biasa, dan rumah sakit penderita AIDS untuk bersilaturahmi dan membagi-bagikan hadiah pada 27 Desember 2014. Ramah-tamah juga direncanakan digelar dengan masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat Papua dan Papua Barat.

Pada 28 Desember 2014, rencananya Presiden akan melakukan silaturahmi dengan masyarakat adat Papua di Wamena. Dan dilanjutkan dengan menemui para relawan.

Sementara itu Sekretaris Kabinet Andi Wiyajanto mengkonfirmasi rencana blusukan Presiden Joko Widodo di Papua.

"Sedang dirapatkan tapi pada dasarnya ...Presiden bersedia untuk pergi ke wilayah-wilayah yang memang di situ justru harus didengar. Bagaimana orang Papua berbicara tentang tanah Papua," katanya terkait rencana kunjungan Presiden ke Papua selama dua hari.

Berdasarkan SK Menteri Agama nomor 183 Tahun 2014 menunjuk Yohana S Yembise sebagai Ketua Umum Perayaan Natal Nasional 2014. Perayaan yang rencananya dihadiri Presiden tersebut juga akan dihadiri para Menteri Kabinet Kerja dan Ketua Lembaga Tinggi Negara, perwakilan negara sahabat, serta 1500 orang dari seluruh penjuru Indonesia.

Tema Natal Nasional 2014 adalah Berjumpa dengan Allah dalam Keluarga dengan subtema Natal Sebagai Perwujudan Revolusi Mental Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian. Perayaan akan diisi berbagai acara puji-pujian kepada Tuhan, ibadah, laporan Ketua Umum, Doa Syafaat, kesenian, dan sambutan Presiden.