United Menang 3-0 Atas Liverpool

id united,liverpool,liga inggris,papan tengah

Kami menciptakan peluang-peluang yang cukup untuk menang, namun kami melakukan kesalahan-kesalahan di pertahanan, yang merugikan kami."
London,   (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) - Perbedaan peruntungan sejak Liverpool menang 3-0 di markas Manchester United pada Maret tergambar ketika pasukan Louis van Gaal memutarbalikkan skor pada Minggu.    

Sembilan bulan silam, tim Merseyside itu berpeluang besar meraih gelar Liga Utama Inggris dan United, yang menjalani musim terburuknya selama bertahun-tahun, tidak lama kemudian memecat pelatih David Moyes.
        
Setelah mengawali musim dengan kurang meyakinkan, United terlihat telah berhasil dipulihkan oleh Van Gaal, dan gol-gol dari Wayne Rooney, Juan Mata, dan Robin van Persie mengunci kemenangan keenam beruntun di liga untuk menjaga mereka tetap berada di peringkat ketiga.
        
Liverpool sendiri terpuruk di papan tengah.
        
Meski menang dengan skor yang meyakinkan, banyak pengamat menjadikan kiper United David de Gea sebagai pemain terbaik di pertandingan ini.
        
Kiper asal Spanyol itu melakukan serangkaian penyelamatan penting, khususnya dari Raheem Sterling pada babak pertama dan dari pemain pengganti Mario Balotelli pada babak kedua.
        
Ini merupakan pertandingan bertensi tinggi antara kedua musuh bebuyutan ini, yang diakhiri dengan tujuh kartu kuning, empat di antaranya diberikan kepada para pemain United sebelum turun minum.
        
Statistik-statistik lain memperlihatkan Liverpool memiliki lebih banyak tembakan dan tendangan sudut serta penguasaan bola yang lebih banyak, namun sayangnya mereka tidak mampu mengkonversi peluang-peluang yang dimilikinya, dan melakukan kesalahan-kesalahan saat kemasukan tiga gol di gawangnya.
        
Liverpool dapat mengklaim bahwa keberuntungan tidak berpihak kepada mereka, di mana gol kedua jelas-jelas offside, namun pelatih Brendan Rodgers mengakui bahwa timnya berkontribusi terhadap kejatuhannya sendiri.
        
"Kami menciptakan peluang-peluang yang cukup untuk menang, namun kami melakukan kesalahan-kesalahan di pertahanan, yang merugikan kami," ucapnya kepada Sky Sports.
        
"Saya rasa kami telah cukup berbuat untuk memenangi pertandingan. Namun Anda tidak dapat kemasukan gol-gol seperti yang kami lakukan."
   
Untuk gol pertama pada menit ke-13, Joe Allen membiarkan Antonio Valencia untuk mendorong bola melalui sela-sela kakinya dan tidak ada pelapis di belakangnya ketika pemain Ekuador itu memberikan operan kepada Rooney untuk kemudian dengan mudah menaklukkan kiper Brad Jones.
        
Kiper Australia Jones dimasukkan sebagai pengganti Simon Mignolet untuk tampil sebagai pemain inti di Liga Utama Inggris untuk pertama kalinya sejak Maret 2013, namun ia kembali ditaklukkan lima menit sebelum turun minum.
        
Ketika Ashley Young memotong ke kaki kanannya untuk melepaskan umpan silang, Mata tidak berada dalam posisi "offside" namun ia berada di sana saat menyodorkan bola.
       
Rodgers memasukkan Balotelli untuk menggantikan Adam Lallana saat turun minum, dan meski Liverpool terus menguasai banyak bola, mereka juga gagal memaksimalkan sejumlah peluang.
       
Sterling kembali menjadi sosok yang bersalah saat babak kedua bergulir lima menit, setelah merebut bola operan ke belakang yang lemah dari Jonny Evans.
        
Saat berhadapan satu lawan satu dengan De Gea, ia terlihat tidak mempercayai kaki kirinya dan menyodorkan bola ke kaki kanan yang membuat sang kiper dapat menahan pergerakannya.
        
Sebelumnya dua kali peluang Sterling digagalkan De Gea, yang pertama dalam waktu setengah menit sebelum United memecahkan kebuntuan untuk mengemas gol pertamanya.
        
Dengan Daniel Sturridge yang masih cedera, perannya sebagai penyerang hanya dapat disamai oleh Balotelli dan Rickie Lambert, rekrutan musim panas dari Southampton yang hanya memiliki sedikit peluang.
      
Sterling tampil lebih baik pada pertengahan babak kedua saat ia mengirim umpan kepada Balotelli, namun De Gea mampu mendorong tembakan pemain Italia ini ke mistar gawang.
        
Balotelli semestinya mendapat kartu kuning karena menahan punggung Van Persie, dan tidak lama kemudian ia mendapatkannya, karena melakukan pelanggaran yang sama terhadap Phil Jones.
        
Saat itu United telah mendapatkan gol ketiga, yang didapat dari serangan balik klasik namun masih terbantu oleh buruknya pertahanan Si Merah.
        
Mata mengirim bola kepada Rooney dan Dejan Lovren semestinya dapat menyapu umpan silangnya. Berada dalam posisi tidak seimbang, ia memberikan bola kembali kepada Mata, yang operan sempurnanya dapat dimaksimalkan Van Persie untuk menjadi gol ketujuhnya di liga musim ini.
        
Masih ada waktu bagi De Gea untuk melakukan dua penyelamatan berkualitas dari peluang milik Balotelli.
       
Van Gaal berkata bahwa De Gea "memiliki dampak besar" namun juga mengkritik timnya untuk banyaknya peluang yang mereka berikan kepada tim lawan.
        
"Kami harus memperbaikinya," tuturnya.