Wapres: Tingkatkan Persahabatan Melalui Olahraga

id jk,melalui olahraga,

Wapres: Tingkatkan Persahabatan Melalui Olahraga

Wakil Presiden Jusuf Kalla (ANTARA FOTO/Fanny Octavianus)

Jakarta, (ANTARA Lampung) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemuda dan mahasiswa se-ASEAN agar saling mengenal serta meningkatkan persahabatan dan prestasi mengingat tahun depan kawasan itu sudah tergabung dalam Maasyarakat Ekonomi Asia Tenggara.
       
"Tahun-tahun mendatang kawasan ASEAN ditentukan oleh generasi muda yang hadir di ajang olahraga seperti ini," kata Jusuf Kalla saat membuka ASEAN University Games 2014 di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu.
        
Hadir dalam ASEAN University Games yang berlangsung 10-21 Desember 2014 adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta Gubernur Sulawesi Selatan Alex Nordin.
        
Dikatakan Wapres, tahun depan suatu kawasan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan terbentuk sehingga memperlonggar batasan negara

sehingga akan lebih dekat dan bersahabat.
      
Dikatakan Jusuf Kalla, pershabatan harus dimulai pemuda dan sampai saatnya akan memunculkan pemimpin dari generasi mudah sekarang.
        
"Pada kegiatan ini tentu diharapkan akan memunculkan dua kebersamaan  yaitu tingkatkan persahabatan serta meningkatkan prestasi lebih baik," kata wapres.

        
Jusuf Kalla berharap agar kegiatan ini akan menjadi lambang persahabatan dan meraih prestasi tertinggi.

        
Bagi Indonesia sendiri, kata wapres, kegiatan ini memberikan kegembiraan tersendiri mengingat sudah seringkali menjadi tuan rumah berskala internasional dengan baik.

        
Indonesia kembali menjadi tuan rumah pesta olahraga bagi mahasiswa se Asia Tenggara.

        
Pertama kali diselenggarakan pada tahun 1981, pesta olahraga mahasiswa ini selalu diadakan dua tahun sekali.

        
Dari 16 Kali penyelenggaran Indonesia sudah 11 kali menjadi Juara Umum (1981, 1982, 1984, 1986, 1990, 1993, 1994, 1996, 2002, 2004 dan 2008), Thailand tiga kali ( 1988, 1999, 2010), Vietnam (2006) dan malaysia (2012).

       
Asean University Games ke-17 merupakan ke-empat kalinya Indonesia menjadi tuan rumah, yaitu 1982 di Jakarta, tahun 1990 di  Bandung, tahun 2004 di Surabaya, dan tahun 2014 di Palembang.
        
Pada penyelenggaran kali ini 20 cabang olahraga akan dipertandingakan atletik, akuatik, pencak silat, catur, bulu tangkis, bola basket, taekwondo, karate, judo, panahan, petanque, bola voli indoor, bola voli pantai, sepak bola, sepak takraw, tenis meja, futsal, tenis lapangan, sepatu roda, dan wushu.  
 
Meski perhelatan itu tidak seakbar SEA Games, namun secara jumlah peserta akan meningkat tiga kali lipat menyusul peran Sumsel sebagai tuan rumah tunggal ASEAN University Games
   
Pertandingan memperebutkan 1.710 medali yang diikuti Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam, dan Indonesia.