Polisi Bantu Petani Basmi Hama Tikus

id Polisi Bantu Petani Basmi Hama Tikus

Polisi Bantu Petani Basmi Hama Tikus

Petani membasmi hama tikus (antaranews.com)

Saya dan tiga polisi lainnya turun ke lapangan membantu petani untuk membasmi hama tikus
Braja Selebah (Antara Lampung) - Keikutsertaan aparat kepolisian dalam membantu petani membasmi hama tikus di Desa Braja Luhur Lampung Timur mendapatkan respons positif dari kalangan masyarakat.
    
"Kegiatan ini adalah bagian dari partisipasi jajaran Polsek Braja Selebah membantu petani dalam mengendalikan hama tikus, sekaligus untuk mendekatkan hubungan dengan masyarakat," kata Kapolsek Braja Luhur, Ipda SI Marbun, di Braja Selebah Kabupaten Lampung Timur, Jumat.
    
"Saya dan tiga polisi lainnya turun ke lapangan membantu petani untuk membasmi hama tikus," katanya.
    
Selain melakukan tugas pengamanan, pihaknya juga tetap membina masyarakat di tiap desa di wilayah hukum Polsek Braja Selebah.
    
Selain petugas kepolisian, Jumat (21/11) lalu juga dilibatkan pelajar SMA dari 24 kecamatan yang mengikuti perkemahan Wirakarya Kwartir Cabang Lampung Timur, dalam kegiatan pengendalian hama tikus.
    
"Warga dan pelajar berhasil menangkap 1.650 tikus," kata Kepala Desa Braja Luhur, Supratikno.
    
Hari ini merupakan hari terakhir kegiatan "gropyok tikus" atau membasmi tikus.
    
"Selama sepekan ini, kami berhasil menangkap sekitar 5.000 ekor tikus yang ada di lahan pertanian di Desa Braja Luhur," katanya.
    
"Mudah mudahan saat memasuki musim tanam bulan depan, populasi tikus terus berkurang," katanya.
    
Ia optimistis kegiatan pengendaliah hama tikus dengan cara menggali lubang tikus dan langsung membunuhnya efektif mengendalikan populasi hama tikus tersebut.
    
Menurutnya, setelah musim panen nanti, kegiatan serupa akan dilakukan kembali pada saat memasuki musim tanam yang kedua.
    
Ia menyebutkan para petani padi di Kecamatan Braja Selebah mampu bertanam padi dua kali dalam setahun.