Terminal Bus Nigeria Dibom, Puluhan Tewas

id Konlik Nigeria

Yola, Nigeria (Antara/Reuters/AFP) - Sebuah bom pinggir jalan merobek seluruh satu stasiun bus dekat persimpangan sibuk di timur laut Nigeria Kamis, menewaskan 40 orang termasuk lima tentara, kata saksi mata  dan sumber keamanan di tempat kejadian tersebut.
        
Sumber keamanan dan saksi mata Abubakar Adamu, seorang mekanik yang hampir terhindar dari ledakan, mengatakan beberapa bus meledak dan terbakar di persimpangan Marabi-Mubi, di bagian negara yang dilanda kekerasan terkait dengan pemberontakan Boko Haram.
        
Belum ada pihak-pihak yang mengaku bertanggungjawab atas ledakan tersebut, dan pihak keamanan berusaha menyelidiki kejadian ini.
        
Beberapa hari sebelumnya, AFP melaporkan dari  Maiduguri, bahwa lebih dari 45 orang tewas, Selasa, dalam ledakan kembar, termasuk oleh seorang wanita pembom bunuh diri, di pasar ramai pembeli di kota Maiduguri, Nigeria.
        
Ledakan di ibu kota negara bagian Borno tersebut menyasar kawasan sama, Pasar Senin, tempat sedikit-dikitnya 15 orang tewas pada 1 Juli dalam ledakan diduga dilakukan kelompok keras Boko Haram.
        
Ledakan pada Selasa itu terjadi setelah para militan mengendalikan kota lain di wilayah bagian timurlaut Nigeria.