Masih Pakai Trawl ? Tak Akan Ada Bantuan

id Nelayan, Masih Pakai Trawl ? Tak Akan Ada Bantuan

Masih Pakai Trawl ? Tak Akan Ada Bantuan

Penggunakan trawl juga marak di Lampung. Bahkan jaring berukuran kecil juga digunakan nelayan tradisional sehingga ikan berukuran kecil sekalipun juga tertangkap. (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Bengkulu (Antara Lampung) - Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti menegaskan pemerintah pusat tidak akan memberikan program bantuan untuk nelayan di Provinsi Bengkulu, jika di daerah itu masih ada kapal trawl yang beroperasi.
         
"Kapal trawl mana? Kalau masih ada trawl kami tidak akan berikan bantuan, sita jaringnya! Pemerintah harus kerja, kami akan tarik seluruh bantuan kalau masih ada trawl," kata Susi saat berkunjung ke Bengkulu, Rabu.
         
Dia mengatakan, pemerintah harus serius menindak kapal trawl yang ada di Provinsi Bengkulu karena merugikan masyarakat nelayan setempat.
         
"Saya baca berita, Jokowi ke Bengkulu, kapal trawl menghilang, kalau masih ada, susah membina nelayan," kata dia.
         
Menurut Menteri KP, pihaknya akan memberikan bantuan untuk lima kelompok nelayan, jika Pemerintah Provinsi Bengkulu menyanggupi syarat yang diberikannya.
        
"Mesin es juga akan kami kasih, tapi harus janji, kalau masih ada (trwl, red), semua akan kami tarik kembali" ucapnya.
         
Susi ikut rombongan kunjungan Presiden RI Joko Widodo yang berkunjung ke Bengkulu pada 25--26 November 2014.
         
Presiden Jokowi tiba di Bengkulu menggunakan pesawat kepresidenan pukul 20.30 WIB (25/11), sementara Susi menyusul sampai di provinsi itu pada pagi dan langsung berkunjung ke perkampungan nelayan, Kelurahan Malabero Bengkulu.
         
Mentreri kelautan dan perikanan itu bersama staf, berkunjung lebih dulu dari presiden. Dia didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu yang tiba pukul 07.15 WIB.
         
Sementara, Presiden Jokowi diagendakan mengunjungi perkampungan nelayan itu pada pukul 08.00 WIB.