YSKK Solo-KoAK Lampung Bentuk Forum Komite Sekolah

id Forum Komite Sekolah Bandarlampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Yayasan Satu Karsa karya (YSKK), Solo bekerjasama dengan Komite Anti Korupsi (KoAK) Lampung akan membentuk forum komite sekolah di kota Bandarlampung.

 

Langkah awal untuk pembentukan forum komite sekolah di Bandarlampung ini pada tanggal 28 November 2014 akan diselenggarakan workshop. Workshop pembentukan forum komite itu akan mengundang 15 komite sekolah dasar dan menengah yang ada di Kota Tapis Berseri ini. "Sebarannya saya harapkan dari berbagai kecamatan yang ada di Bandarlampung," ujar Kangsure Suroto Direktur YSKK Solo. Forum komite sekolah yang difasilitasi oleh YSKK ini juga mengundang pihak Dinas Pendidikan dan Dewan Pendidikan Kota Bandarlampung.

 

Mengapa musti ada forum komite sekolah, Kangsure Suroto menjelaskan peran dan fungsi komite sekolah sangat penting dan strategis dalam mengawal penyelenggaraan pendidikan ditingkat sekolah.

"Komite sekolah itu posisinya strategis jadi harus diperkuat, jika perlu direvitalisasi jika komite sekolahnya tidak berjalan sebagaimana mestinya," kata Direktur YSKK Solo Kangsure Suroto pula.

 

Direktur KoAK Lampung Muhammad Yunus menilai, pembentukan forum komite sekolah sangat baik dan gagasan seperti itu harus didukung. "Gagasan pembentukan forum komite sekolah yang diinisiasi oleh YSSK ini sangat baik dan para pemangku kepentingan harusnya mendukung pembentukan ini," kata Muhammad Yunus. 

Dia juga menambahkan bahwa sebelumnya KoAK Lampung sudah memfasilitasi terbentuknya forum wali murid di Bandarlampung. "Harapan saya sih kedua forum ini bisa bekerjasama agar pendidikan di kota kita ini lebih baik," ujar Muhammad Yunus.

 

Kangsure Suroto lebih lanjut menambahkan,  keberadaan forum komite sekolah sangat penting sebagai sarana untuk saling belajar dan menguatkan satu dengan lainnya. Selain itu, forum komite sekolah juga akan meningkatkan posisi tawarnya dihadapan sekolah, dinas pendidikan maupun pihak lainnya yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan.

Pembentukan forum komite sekolah ini, kata Direktur YSKK Solo Kangsure Suroto diharapkan bisa terbentuk di semua provinsi,  sebagai tahap awal, inisiasi pembentukan forum komite ini akan dilaksanakan di 3 provinsi yang sekaligus menjadi lokasi pendampingan pengembangan Sekolah MANTAP (Manajemen Transparan, Akuntabel, Partisipatif), yaitu di kota Surakarta-Jawa Tengah, kabupaten Gunungkidul-D.I.Yogyakarta dan kota Bandar Lampung-Lampung. Sekolah model MANTAP di Kota Bandarlampung adalah SDN 1 Rawalaut dan SMPN 16 Bandarlampung.

 

Pembentukan forum komite sekolah se Bandarlampung ini akan diselenggarakan di gedung pertemuan SMPN 1 Bandarlampung, yang juga akan dihadiri oleh pihak Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung dan Dewan Pendidikan Bandarlampung. Sebagai fasilitator Febri Hendri dari (ICW) yang bertujuan untuk meningkatkan posisi, fungsi dan peran komite sekolah dalam mengawal penyelenggaraan pendidikan ditingkat sekolah dan kabupaten/kota