Potensi Produksi Padi Lampung 4,3 Juta Ton

id sawah, Potensi Produksi Padi Lampung 4,3 Juta Ton

Potensi Produksi Padi Lampung 4,3 Juta Ton

Persawahan di Kota Metro Provinsi Lampung siap ditanami padi sehubungan musim hujan mulai berlangsung. (FOTO ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (Antara Lampung) - Potensi produksi padi di Provinsi Lampung bisa mencapai 4,3 juta ton dengan berbagai upaya dan dukungan pemerintah.
        
"Saat ini Lampung telah memberikan kontribusi signifikan terhadap ketahanan pangan nasional, karena Lampung telah memproduksi padi 3,2 juta ton gabah kering giling atau surplus 700 ribu ton," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, di Bandarlampung, Selasa.
        
Ia mengatakan bahwa upaya yang perlu dilakukan untuk mencapai target itu, yakni penyediaan sarana dan prasarana produksi pertanian, optimalisasi lahan rawa melalui reklamasi untuk pertanian.
        
Selanjutnya, pencetakan sawah baru di atas lahan kering, pompanisasi dan pembuatan sumur bordi 112 air tanah. Percepatan pembangunan regulasi dam Sukoharjo Kabupaten Pringsewu, jaringan irigasi Jabung Lampung Timur dan Way Umpu Waykanan, pembangunan waduk Segala Mider Lampung Tengah dan waduk Sukaraja III Lampung Timur.
        
Kemudian, pemeliharaan waduk Batu Tegi, Way Rarem, dan waduk Way Jepara. Reboisasi dan penghijauan di daerah aliran sungai serta bantuan pembiayaan pembangunan dan infrastruktur irigasi untuk daerah irigasi yang menjadi kewenangan kabupaten.
        
Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Lampung hari ini lanjutnya, akan dimanfaatkan Pemerintah Provinsi Lampung untuk mengutarakan potensi daerah ini terutama pertanian guna mendukung ketahanan pangan nasional