Lampung Dorong Percepatan Pembangunan jalan Tol

id rini,bumn,menteri,jalan tol sumatera

Selain Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Selatan, Lampung termasuk daerah prioritas untuk pembangunan jalan tol."
Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Provinsi Lampung mendorong pemerintah pusat untuk percepatan pembangunan jalan bebas hambatan atau tol di daerah itu sepanjang 150 kilometer ruas Bakauheni Lampung Selatan--Terbanggi Besar Lampung Tengah.
        
"Selain Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Selatan, Lampung termasuk daerah prioritas untuk pembangunan jalan tol," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bapedda) Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, di Bandarlampung, Senin.
        
Kunjungan Presiden Joko Widodo pada Selasa (25/11) besok, lanjutnya, akan dimanfaatkan Pemerintah Provinsi Lampung agar Presiden dapat memprioritaskan sarana infrastruktur jalan terutama jalan tol tersebut segera terealisasi.
        
Ia mengatakan bahwa kebijakan pembangunan jalan tol tersebut jelas sebagaimana diatur dalam Perpres No 100 tahun 2014. Sehingga percepatan pembangunan jalan bebas hambatan tersebut dapat direalisasikan pada tahun 2016 mendatang.
        
Pemerintah katanya, telah menunjuk PT Hutama Karya (BUMN) untuk membangun jalan tol sepanjang 150 km itu dan tahapan studi, tata ruang telah dilakukan termasuk perijinannya.
        
Terkait pembebasan lahan, pihaknya saat ini tengah dilakukan dengan biaya semuanya dari APBN sehingga diperkirakan akan selesai pada 2015 dan pengerjaan jalan tol tersebut pada 2016 .  Dana pembebasan lahan jalan bebas hambatan di Provinsi Lampung tersebut sekitar Rp365 miliar.
        
"Dana untuk pembayaran ganti rugi telah disiapkan sebesar itu di Kementerian Pekerjaan Umum," katanya.
         
Pemprov Lampung menurutnya, telah membentuk tiga tim yang diketuai oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lampung untuk pembebasan lahan tersebut.
        
Ia mengharapkan pembebasan lahan itu rampung pada 2015  sehingga pelaksanaan fisik pembangunan jalan tol dapat dilaksanakan pada 2015. "Mudah-mudahan tiang pancang pembangunan jalan tol tersebut pada awal 2016," jelasnya.