PKBM Tunas Insan Mulia Bandarlampung Pelatihan Koran Anak

id Pelatihan Koran Anak PKBM Tunas Insan Mulia

PKBM Tunas Insan Mulia Bandarlampung Pelatihan Koran Anak

Peserta Pelatihan Koran Anak PKBM Tunas Insan Mulia di Bandarlampung, Sabtu (22/11). (FOTO: ANTARA Lampung/Budisantoso Budiman)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Tunas Insan Mulia Bandarlampung melaksanakan pelatihan Peningkatan Budaya Tulis Melalui Koran Anak bagi remaja putus sekolah dan kalangan pelajar di Kota Bandarlampung Provinsi Lampung.

Menurut Triretno Widiastanti SSos, Ketua PKBM Tunas Insan Mulia yang juga membina Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Mutia, di Bandarlampung, Minggu (24/11), sebanyak 20 remaja mengikuti pelatihan yang berlangsung sejak Sabtu (22/11) itu.

"Kami berupaya mendorong agar anak dan para remaja khususnya yang putus sekolah di sini mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang positif," ujar Widiastanti pula.

Dia menyatakan keprihatinan atas masih adanya anak putus sekolah (drop out) usia pendidikan sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) maupun sekolah menengah atas (SMA) sederajat di sekitar lingkungan setempat, meskipun Pemerintah Kota Bandarlampung telah menerapkan kebijakan sekolah gratis dari SD hingga SMA di sini.

"Mereka harus tetap memiliki peluang mendapatkan pendidikan dan bekal keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi kehidupan selanjutnya dengan lebih baik," katanya lagi.

Pelatihan itu berlangsung beberapa hari, melibatkan praktisi media massa di Lampung dari LKBN Antara Lampung.

Selain memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan jurnalistik praktis, para peserta pelatihan mendapatkan kesempatan melakukan praktik layaknya menjadi wartawan sekaligus mempraktikkan pembuatan media pembelajaran jurnalistik pilihan mereka masing-masing.

"Mudah-mudahan bekal pengetahuan dan keterampilan praktis jurnalistik ini akan berguna bagi mereka semua," ujar dia.

Selain tentang jurnalistik, peserta pelatihan itu juga mendapatkan pengetahuan yang disisipkan pengelola PKBM itu berupa ancaman penyalahgunaan narkoba dan bahaya serta dampak buruknya bagi anak dan remaja.

PKBM Tunas Insan Mulia Bandarlampung bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Lampung dan pihak lain, untuk terus melaksanakan pendidikan dan bekal keterampilan yang diperlukan bagi anak dan kalangan generasi muda di kota ini, demikian Triretno Widiastanti.

Pihaknya juga akan menjaring anak dan remaja putus sekolah itu, agar selanjutnya dapat mengikuti jenjang pendidikan formal di sekolah memanfaatkan kebijakan pendidikan gratis di kota ini, maupun melalui Program Kelompok Belajar (Kejar) Paket A dan B maupun pemberian bekal keterampilan yang diperlukan.