Gubernur Lampung Ajak Teladani Pahlawan

id Gubernur Lampung, Ajak Teladani Pahlawan,ridho ficardo

Gubernur Lampung Ajak Teladani Pahlawan

Muhammad Ridho Ficardo, Gubernur Lampung 2014-2019(Antara Foto-Istimewa-Agus Setyawan dok).

Komitmen para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan untuk mempersatukan bangsa ini melahirkan sikap kepahlawanan."
Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengajak semua pihak untuk meneladani sikap kepahlawanan yang merupakan perwujudan tindakan dan pengorbanan penuh militansi bagi bangsa dan negeri ini.
        
"Komitmen para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan untuk mempersatukan bangsa ini melahirkan sikap kepahlawanan," kata dia, pada peringatan Hari Pahlawan ke-69 tahun 2014, di Bandarlampung, Senin.
        
Gubernur menyatakan perilaku kesetiakawanan sosial serta menguatkan memori kolektif bangsa ini supaya berani bertindak nyata untuk melawan penjajah dan ketertindasan akibat kolonialisme dan imperialisme.
        
Sikap kesetiakawanan sosial adalah perwujudan dan kepekaan sosial atau batin, katanya lagi.
        
Dia mengingatkan, sejarah perjalanan bangsa dan negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperlukan perjuangan panjang.
        
NKRI tidak akan bisa berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini, tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya, katanya pula.
        
Menurutnya, sejarah bangsa dan negara Indonesia mencatat, perjuangan untuk merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat.
        
Peringatan Hari Pahlawan tahun 2014 ini mengambil tema "Pahlawanku Idolaku".
        
Tema tersebut dipilih dimaksudkan untuk menggugah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai, baik sebagai panutan maupun figur idola pencarian jati diri.
        
Tema itu diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di dada setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa, katanya pula.
        
Peringatan Hari Pahlawan juga dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur di Kompleks Taman Makam Pahlawan Dharma Nusantara Sukadana.
        
Upacara yang dipimpin Kapolres Lampung Timur AKBP Joko Widiyanto itu, berjalan khidmat tanpa kehadiran Bupati Lampung Timur Erwin Arifin.
        
Hadir pada acara itu jajaran pejabat struktural eselon II dan III, anggota DPRD Lampung Timur, Kejaksaan Negeri Sukadana, serta personel TNI dan Polri serta tokoh masyarakat setempat.
        
Upacara itu juga diisi dengan penghormatan terhadap jasa para pahlawan nasional dan dilaksanakan pula tabur bunga oleh Kapolres Lampung Timur dan jajaran pemerintah kabupaten setempat.
        
Kapolres Lampung Timur berharap generasi muda dapat meneladani para pahlawan nasional.
        
"Sebagai generasi muda, kita harus bisa menghargai jasa-jasa para pahlawan dengan tetap menjaga semangat dan nilai-nilai para pejuang," ujarnya.
        
Generasi muda, menurutnya, juga harus bisa mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan, motivasi dan kedisiplinan dalam membangun daerah.
        
Selain itu generasi muda diminta untuk menjauhi dan menangkal peredaran narkoba.