Kelapa Puan Unggulan Kabupaten Lampung Selatan

id Kelapa Puan Lampung Selatan

Kalianda, Lampung Selatan (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menjadikan komoditas kelapa puan atau kopyor sebagai salah satu produk unggulan karena potensinya sangat besar di daerah ini.

Kepala Bidang Produksi Dinas Perkebunan Lampung Selatan, Mahat Suswanto, di Kalianda, Kamis (6/11), mengatakan nilai ekonomis komoditas kelapa puan itu cukup tinggi sehingga perlu dikembangkan, mengingat daerah ini memiliki potensi tanaman kelapa sangat luas.

Menurutnya, budidaya tanaman ini sudah dimulai sejak tahun 2010, namun hasilnya belum optimal sehingga perlu ditingkatkan lagi luas areal pengembangannya.

Ia menjelaskan, pemerintah setempat telah mengalokasikan dana untuk budidaya kelapa puan ini cukup besar, sehingga diharapkan mendapatkan produksi yang optimal serta warga di daerah ini kian banyak yang menanamnya.

Menurut dia, perlu dicarikan solusi untuk pengembangan komoditas ini, yakni masih minim ketersediaan pupuk yang menjadi penyebab tidak maksimal pengembangan tanaman kelapa puan tersebut.

"Penambahan ketersediaan bantuan bibit juga diperlukan untuk pengembangannya," kata dia lagi.

Budidaya tanaman kelapa puan yang dilakukan sejak empat tahun lalu ini, lanjutnya, sementara masih terbatas pada beberapa desa di Kecamatan Kalianda.

Selain itu, budi daya tanaman itu terkendala keterbatasan dana penyediaan bibit kelapa maupun biaya transportasi tim ahli dan peneliti komoditas bernilai ekonomis tinggi itu.

Ia mengharapkan, komoditas ini secara bertahap akan menjadi salah satu produk unggulan Lampung Selatan melalui upaya bersama-sama dengan masyarakat untuk mengembangkannya.

Kelapa puan atau kelapa kopyor adalah kelapa yabg daging buahnya lunak sekali dan mudah lepas, biasa dibuat minuman dicampur dengan es dan sirop yang disukai masyarakat.