Harga Gabah Di Lampung Turun

id harga.gabah.petani turun,bps

Harga Gabah Di Lampung Turun

Badan Pusat Statistik (BPS) (Foto Republika.co.id/dok)

Harga gabah kering panen itu sebelumnya Rp4.357 per kilogram."
Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Harga gabah kering panen di tingkat petani di Lampung pada Oktober menurun sekitar 3,33 persen disebabkan kualitasnya yang rendah dibandingkan sebelumnya.
        
"Harga gabah kering panen itu sebelumnya Rp4.357 per kilogram," kata Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung Adhi Wiriana di Bandarlampung, Sabtu.
      
Ia mengatakan bahwa penurunan rata-rata harga kelompok kualitas gabah kering panen di tingkat petani dari Rp4.357 per kg menjadi Rp4.212/kg.
        
Sedangkan di tingkat penggilingan  juga mengalami penurunan sekitar 3,23 persen dari Rp4.441/kg menjadi Rp4.298/kg.
        
Selama bulan itu, lanjutnya, survei harga produsen gabah mencatat 25 observasi yang terdapat di empat kabupaten terpilih.
        
Observasi terbanyak tetap didominasi oleh kelompok gabah kualitas gabah kering panen dan tidak dijumpai kelompok gabah kualitas gabah kering giling, dan kelompok gabah kualitas rebdah.
        
Adhi mengatakan harga gabah tertinggi di tingkat petani mencapai Rp4.700/kg pada gabah kualitas GKP dan tingkat penggilingan Rp4.780/kg dengan varietas ciherang terdapat di Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah.
        
Harga terendah di tingkat petani untuk kualitas gabah kering panen, yakni Rp3.550/kg dan tingkat penggilingan Rp3.650/kg, terdapat di Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan dengan varietas muncul.
        
"Harga tersebut masih di atas atau sama dengan Harga Pembelian Pemerintah, yakni Rp3.300 per kilogram," jelasnya.
        
Sementara di tingkat penggilingan harga gabah tertinggi Rp4.780/kg untuk varietas ciherang terdapat di Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Sedangkan harga gabah terendah kualitas GKP Rp3.650/kg dengan varietas muncul terdapat di Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan.
        
Kepala BPS Lampung itu menambahkan harga tersebut masih di atas atau sama dengan harga HPP, yakni Rp3.350/kg.