Siti Nurbaya Lingkungan Dan Politik

id Siti Nurbaya Lingkungan Dan Politik, Menteri Kehutanan, Lingkunagn Hidup, Bakar, Pencemaran, Kabinet Kerja

Siti Nurbaya Lingkungan Dan Politik

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc, mantan Sekjen Depdagri, mantan Wakil Ketua DPP Partai NasDem dan sempat menjadi caleg DPR dari Lampung. (FOTO: ANTARA LAMPUNG/Dok/Budisantoso Budiman).

Sejak 2001 saya memikirkan isu lingkungan hidup seolah hanya dikaitkan dengan pencemaran dan perizinan, padahal isunya evolutif. Jadi, setara dengan isu politik dan pertumbuhan ekonomi."
Jakarta (ANTARA Lampung) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar berpendapat isu lingkungan setara dengan politik dan pertumbuhan ekonomi.

"Sejak 2001 saya memikirkan isu lingkungan hidup seolah hanya dikaitkan dengan pencemaran dan perizinan, padahal isunya evolutif. Jadi, setara dengan isu politik dan pertumbuhan ekonomi," ujar Siti di  Jakarta, Rabu.

Siti menyatakan isu lingkungan meliputi banyak dimensi, tidak hanya soal pencemaran atau perizinan lahan.

Dia menyebut beberapa contoh yang termasuk dalam isu lingkungan, seperti kenyamanan masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya, ketersediaan sumber daya alam, dan mobilitas penduduk.

"Dalam beberapa hari ini saya mendapat 4000 SMS. Bbanyak yang isinya laporan tentang lingkungan," ujar dia, menyimpulkan bahwa perspektif tentag lingkungan telah meluas di masyaraat.

Mantan Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah itu mengatakan ada tiga hal besar yang akan ditingkatkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yaitu menggiatkan kampanye informasi publik, memudahkan dan menyederhanakan perizinan agar jelas pembayarannya, serta membuat regulasi efektif. ***3***
(T.SDP-85/B/A.J.S. Bie/A.J.S. Bie) 29-10-2014 12:45:46