Gubernur Lampung Ingatkan Makna Sumpah Pemuda

id Peringatan Sumpah Pemuda di Lampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 pada 2014 menjadi perekat persatuan bangsa dalam pembangunan.

"Hari Sumpah Pemuda bertema `Bangun Soliditas Maju dan Berkelanjutan" mengandung pesan bahwa kita berupaya agar para pemuda dapat memainkan peran secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam pembangunan nasional," kata dia pada upacara Hari Sumpah Pemuda ke-86 di Lapangan Korpri Kompleks Perkantoran Pemerintah Provinsi Lampung di Bandarlampung, Selasa (28/10).

Ia mengatakan soliditas pemuda penting artinya untuk mencapai kemajuan pemuda sebagai syarat utama kemajuan suatu bangsa. "Jika pemuda solid, bangsa kita akan semakin maju, kuat dan bersatu, sehingga pembangunan dapat kita laksanakan secara lancar dan berkelanjutan," ujarnya.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diikuti ratusan pegawai serta pelajar itu, Ridho mengatakan seiring dengan itu pada 2015 akan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEANn (MEA). Untuk itu para pemuda harus mempersiapkan diri agar mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Menurutnya, Indonesia adalah bangsa yang besar yang memiliki sumber daya alam berlimpah, memiliki sejarah leluhur bangsa yang hebat, kebudayaan yang unggul, masyarakat yang toleran dan sumber daya manusia yang semakin lama semakin baik.

Mentalitas bangsa, khususnya para pemuda harus terus dibangun agar menjadi pemuda-pemuda yang unggul, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing sehingga dapat berkompetisi dalam persaingan global yang semakin hari semakin kompetitif.

Revolusi mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

Karena itu, revolusi mental harus dapat dijadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju. Dengan mewujudkan pemuda yang maju berarti kita dapat menghasilkan bangsa yang hebat.

Pembangunan kepemudaan secara berkelanjutan, lanjutnya, harus terus dilaksanakan melalui proses penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan.

Ia menambahkan pemuda yang maju adalah pemuda yang memiliki kemauan inovasi dan kreativitas yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi dan memiliki kompetensi sehingga mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global.

Pemuda yang maju adalah pemuda yang mampu berfikir positif, yang senantiasa terus berorientasi pada kejayaan bangsanya demi keunggulan dan kegemilangan masa depan, tidak mudah menyerah, bertanggung jawab dan senantiasa melakukan yang terbaik untuk dirinya, masyarakat dan untuk bangsanya, kata Gubernur Lampung itu.