"Ulos Ragi Hotang", Ulos Terlaris

id Ulos Ragi Hotang, Ulos Terlaris

Balige (Antara Lampung) - Ulos Ragi Hotang merupakan kain tenun terlaris di Pasar Balerong Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, karena banyak digunakan untuk upacara adat, dan disukai wisatawan.
         
"Selain digunakan konsumen untuk kelengkapan prosesi adat Batak, tenun ikat ini banyak dibeli wisatawan untuk cendera mata," kata  Siahaan, pedagang ulos di Pasar Balerong Balige, Senin.
         
Ulos Ragi Hotang, kata dia, istimewan sebagai kelengkapan pakaian adat Batak, sehingga turis lokal maupun  mancanegara menjadikannya sebagai buah tangan.
         
Warna-warna kain tenun ini khas Batak, yaitu merah, hitam dan putih. Kain tenun khas Batak yang berbentuk selendang ini, merupakan lambang ikatan kasih sayang.
         
Proses pembuatannya membutuhkan waktu lama. Lewat sentuhan tangan ahli, ulos Ragi Hotang semakin indah dirangkai benang bermotifkan karya seni.
         
"Dari dulu hingga sekarang ulos ini tidak pernah sepi pembeli," kata Siahaan.
         
Hal senada disebutkan pedagang ulos lainnya, Boru Panjaitan, yang mengaku penjualan selendang tenun untuk prosesi acara adat Batak tersebut cenderung mengalami peningkatan setiap tahun.
         
Sebab, kata dia, ulos dibeli oleh konsumen untuk berbagai keperluan prosesi adat. Bahkan, saat ini banyak dijadikan sebagai busana cukup modis yang dijadikan sebagai jas pria dan umumnya dikenakan dalam acara pesta.
         
Boru Panjaitan mengaku, sejak generasi kakeknya, berdagang  ulos di los yang ditempatinya secara turun temurun.
         
"Harga ulos ini sangat bervariasi. Ada yang dijual sekitar Rp40 ribu hasil tenun mesin dan ada yang harganya mencapai jutaan rupiah hasil tenunan tangan. Tergantung jenis dan penggunaannya," katanya.
         
Nai Miranda, warga Balige, menyebutkan membeli ulos di Pasar Balerong untuk keperluan pesta pernikahan putrinya dan akan disematkan ke mempelai dan sejumlah kerabat lainnya.
         
"Puluhan ulos kami beli, karena acara mangulos merupakan prosesi adat yang bermakna sangat besar dalam pesta adat Batak," katanya.