Pemkab Lambar Dorong Peningkatan Olahraga Pelajar

id seni budaya, lampung barat

Kegiatan Forum Silaturahmi Madrasah Tsanawiyah atau Forsimats yang berlangsung di MTs Nurul Ulum Pekon (Desa) Purajaya Kecamatan Kebuntebu tersebut sebagai langkah awal dan strategis dalam mendorong peningkatan serta pengembangan olah raga dan seni."
Liwa  (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat akan terus mendorong prestasi olahraga dan seni pelajar yang merupakan pencerminan prestasi generasi penerus bangsa dengan melakukan pembinaan dan pengembangan terprogram, berjenjang dan berkesinambungan.

"Kegiatan Forum Silaturahmi Madrasah Tsanawiyah atau Forsimats yang berlangsung di MTs Nurul Ulum Pekon (Desa) Purajaya Kecamatan Kebuntebu tersebut sebagai langkah awal dan strategis dalam mendorong peningkatan serta pengembangan olah raga dan seni," kata Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, di Liwa, Senin.

Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Barat itu mengapresiasi kegiatan yang berlangsung sejak Jumat (24/10) lalu. "Untuk itu, mulai saat ini kita harus mendukung pembinaan dan pengembangan termasuk penguatan kelembagaan dibidang olah raga dan seni. Oleh karena itu, kegiatan ini harus dikelola dengan baik dan professional sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi generasi muda saat ini," tuturnya.

Kegiatan tersebut menurut Ketua Forsimats Bunyamin Syah merupakan ajang kompetisi seni, olahraga antarmadrasah tsanawiyah dan juga sebagai kompetisi sain madrasah serta kepramukaan.

Ia menyebutkan, kegiatan ini meliputi Aksidma, yakni ajang kompetisi seni dan olahraga. Di mana dalam kompetisi ini meliputi bidang Seni Kaligrafi Islam, Shahril Qur�an, Qasidah atau rebana. Adapun olahraga meliputi futsal, volly ball, bulu tangkis, tenis meja, lari marathon 400 m dan 100 m. Kemudian KSM yaitu kompetisi sains matematika yang meliputi matematika, fisika, biologi. Serta kepramukaan antara lain PBB, senam pramuka, dan pionering," papar Bunyamin.

Peserta berasal dari 14 sekolah madrasah se- wilayah timur Kabupaten Lampung Barat yaitu, MTs Al-Falah Sidomulyo Kecamatan Pagar Dewa, MTs Darul Qolam Sekincau Kecamatan Sekincau, MTs Darul Iman Sekincau, MTs Miftahul Huda Kecamatan Way Tenong, MTS Al Falah Air Putih Kecamatan Way Tenong.

Kemudian MTs Darussalam Mutaralam Kecamatan Way Tenong, MTs Al Ikhlas dan MTS Al Furqon dari Fajar Bulan Kecamatan Way Tenong, MTs Al Mukajirin Sumber Alam Kecamatan Air Hitam, MTs Al Hasyimiyah Sumber Alam Kecamatan Air Hitam, MTs Roudlotussholihin Gunung Terang Kecamatan Air Hitam, MTs Al Karomah Way Petai Kecamatan Sumber Jaya, MTS Yapsi Sukapura Kecamatan Sumber Jaya, dan MTs Nurul Ulum Purajaya Kecamatan Kebun Tebu.

"Selain untuk mempererat tali silaturahmi kegiatan ini juga bertujuan untuk menyongsong kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama yang secara rutin diselenggarakan oleh Kemenang Lambar, selain itu untuk memilih peserta-peserta terbaik pada cabang-cabang yang dilombakan untuk mengikuti lomba Aksidma dan KSM di tingkat Kabupaten," kata Bunyamin menambahkan.