PSG Menang 3-0 Atas Bordeaux

id psg,prancis,ibrahimovic,

Paris, (Antara/AFP/antara Lampung) - Dua penalti Lucas Moura dan sepakan cungkil Ezequiel Lavezzi membantu juara bertahan Paris Saint Germain untuk menang 3-0 atas Bordeaux pada Sabtu, sekaligus menambah tekanan kepada pemuncak klasemen Marseille.
        
Marseille mengoleksi 25 angka menjelang pertandingan mereka di markas Lyon pada Minggu, di mana mereka berpeluang menorehkan rekor klub yakni sepuluh kemenangan beruntun di liga. PSG menduduki peringkat kedua dengan 21 angka serta telah memainkan satu pertandingan lebih banyak.
        
Pada pertandingan-pertandingan yang dimainkan lebih malam, mantan juara sebanyak delapan kali Nantes, yang kembali ke kompetisi strata teratas sejak tahun lalu, naik ke peringkat ketiga dengan 19 angka setelah menang 2-0 atas tuan rumah Evia.
        
Dan runner up musim lalu AS Monaco menang 3-1 atas tuan rumah Bastia untuk naik ke peringkat keenam dengan 17 angka, meski mereka memiliki daftar pemain cedera yang panjang.
        
Pelatih Bordeaux Willy Sagnol berjanji merepotkan sang juara bertahan dan timnya kini memiliki koleksi nilai yang sama dengan PSG.
        
Namun dengan kokohnya pasangan bek Brazil Thiago Silva dan David Luiz, PSG terlihat superior pada bagian pertahanan di atas lapangan.
        
Dengan diskorsnya Edinson Cavani dan cedera yang diderita Zlatan Ibrahimovic, pelatih PSG Laurent Blanc melakukan perubahan di lini dengan dengan mengandalkan Javier Pastore, Lucas, dan pemain muda Jean-Christophe Bahebeck.
        
Bordeaux memiliki alasan untuk sedikit bergembira pada menit ke-27 ketika Gregory van der Wiel melakukan tekel keras terhadap Wahbi Khazri, di mana wasit melihat kejadian itu dengan sangat jelas.
        
Ia diusir keluar lapangan, namun keunggulan jumlah pemain itu hanya akan bertahan selama sepuluh menit.
        
Kegagalan Andre Poko saat mencoba membuang bola akan berakhir jenaka jika gelandang Bordeaux itu tidak mengakhirinya dengan kaki yang mengenai lutut Marco Verratti, dan meski ia tidak beruntung, ia tetap harus meninggalkan lapangan.
        
Sagnol sangat marah dengan keputusan kartu merah terhadap Poko.
        
"Jika itu merupakan kartu merah maka mungkin (daripada bermain sepak bola) kami semestinya berdansa atau bermain selancar es. Wasit menarik kartu merah bahkan sebelum Verratti dilanggar," keluhnya.
        
Blanc sependapat dengan Sagnol yang menyebutkan bahwa pelanggaran serupa tidak layak dihukum kartu merah langsung.
        
"Pengusiran itu memotivasi tim, namun saya akan lebih suka untuk menyaksikan 11 lawan 11. Terdapat hal-hal seperti kartu kuning, dan kedua pemain yang melakukan pelanggaran dapat terus bermain. Ini adalah olahraga penuh benturan," paparnya.
        
Dengan Bordeaux yang menurunkan tempo permainannya, PSG kemudian bangkit menyerang.
        
Dari tendangan bebas berikutnya, Luiz nyaris merayakan gol namun ia melihat sepakannya membentur tiang gawang saat bola telah melewati pagar pemain dan kiper.
        
PSG kemudian menyia-nyiakan serangkaian peluang sebelum Verratti dijatuhkan di area terlarang, ketika tekanan meningkat.
        
Dengan absennya Ibrahimovic dan Cavani, maka eksekusi penalti diambil oleh Lucas, yang mengenakan sepatu berwarna merah muda dan mengeceoh Stephane Carrasso.
        
Lima menit babak kedua berlangsung Lucas dijatuhkan di kotak penalti, saat ia menaklukkan perangkap offside dan PSG kembali mendapat hadiah penalti.
        
Pemain Brazil itu dengan dingin mengeksekusi penalti ke sudut lain yang sebenarnya dapat dibaca Carrasso, yang bergerak ke kanan namun tidak mampu menahan kerasnya sepakan itu.
        
Lavezzi, yang kembali bermain setelah absen sebulan karena cedera, melengkapi kemenangan timnya sembilan menit sebelum pertandingan usai ketika sepakan cungkil jarak dekatnya sempat mengenai bek Maxime Poundje sebelum masuk ke gawang.
        
Di tempat lain Caen meraih tiga nilai pertamanya di kandang sendiri setelah empat kekalahan beruntun di stadion mereka, melalui kemenangan 2-1 atas Lorient, dan Reims mencetak gol pada menit terakhir untuk menang 1-0 atas Montpellier.