Perpustakaan Daerah Waykanan Berbenah

id perpustakaan waykanan berbenah,minat baca

Perpustakaan Daerah Waykanan Berbenah

Mobil Perpustakaan Keliling Pemkab Waykanan (bapusardok-lamtim.com)

Program kami ke depan adalah menggalakkan minat baca masyarakat. Kami akan berbenah untuk itu."
Waykanan, Lampung, (ANTARA Lampung) - Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Waykanan, Lampung, siap berbenah untuk meningkatkan minat baca masyarakat di daerah yang berada di ujung utara Provinsi Lampung tersebut.
        
"Program kami ke depan adalah menggalakkan minat baca masyarakat. Kami akan berbenah untuk itu," ujar Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Waykanan, Desy Melda, di Blambanganumpu, Minggu.
        
Desy menyatakan, Perpustakaan Daerah Waykanan dari tahun ke tahun terus berbenah, antara lain menumbuhkan pengelolaan perpustakaan kampung. "Mudah-mudahan tahun berikutnya bisa semakin meningkat," ujarnya lagi.
        
Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Waykanan pada Kamis (23/10) meluncurkan gerakan Waykanan Membaca sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) setempat.
        
Peresmian gerakan itu dilakukan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Waykanan, Lampung, Rina Marlina, didampingi Bupati Bustami Zainudin di gedung serba guna (GSG) setempat.
        
"Tujuan acara itu untuk menyukseskan Gerakan Gemar Membaca serta memberikan motivasi kepada pelajar dan masyarakat," katanya.
        
Langkah-langkah yang dilakukan untuk mendorong minat baca di daerah yang berada sekitar 220 km sebelah utara Kota Bandarlampung tersebut, menurut Desy, seperti mengarahkan sekolah-sekolah untuk membuat jadwal kunjungan ke Perpustakaan Daerah Waykanan.
        
"Alhamdulilah efektif. Langkah lain, kami ajak perusahan, Ikatan Pustakawan Indonesia, organisasi kepemudaan di Waykanan ke depan akan kita ajak juga untuk bekerjasama," ujarnya.
        
Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Waykanan yang juga pengelola perpustakaan di Kampung Lembasung Kecamatan Blambanganumpu Fery Yanto mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Perpustakaan Daerah setempat.
        
"Saya mendirikan perpustakaan di rumah sejak 2009. Selama ini, tidak ada pembinaan berlangsung. Baru pada era Bu Desy inilah ada kunjungan rutin dan pemantauan perkembangan dan pertumbuhan minat baca di perpustakaan," ujar Fery.
        
Berkaitan minat baca warga di daerahnya, Bupati Bustami Zainudin menyatakan masyarakat bisa berpartisipasi aktif menumbuhkan perpustakaan di kampung-kampung pada 14 kecamatan di daerah yang berada di selatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Provinsi Sumatera Selatan tersebut.
        
"Buku adalah jendela dunia yang akan memajukan SDM. Silakan gunakan fasilitas pemerintah yang ada, seperti balai kampung untuk perpustakaan. Masyarakat yang ingin berpartisipasi menggunakan rumahnya sebagai perpustakaan juga dipersilakan," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Waykanan itu lagi.