IBI Darmajaya Wisuda 319 Lulusan

id Wisuda IBI Darmajaya

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya mengukuhkan 319 wisudawan melalui prosesi sidang senat terbuka yang berlangsung di Balai Pertemuan Umum Bagas Raya Bandarlampung, Selasa (21/10).  

Wisudawan yang dikukuhkan sebagai lulusan baru IBI Darmajaya itu adalah 177 orang dari Fakultas Ilmu Komputer, 118 wisudawan dari Fakultas Bisnis dan Ekonomi mulai dari jenjang pendidikan diploma tiga (D-3) dan strata satu (S-1) serta Program Magister (S-2) diikuti 24 wisudawan.

Ketua panitia wisuda, Nurjoko, S.Kom., M.T.I. mengatakan bahwa wisuda angkatan XVIII ini merupakan wisuda kedua tahun 2014.

Selain mengumumkan lulusan terbaik, IBI Darmajaya juga mengumumkan penghargaan Dean List bagi mahasiswa berprestasi dalam bidang adakemik dan nonakademik.

"Mulai tahun ini kami memberikan penghargaan Dean List kepada mahasiswa berprestasi di bidang akademik dengan kualifikasi nilai indeks prestasi (IP) setiap semester sama dengan atau lebih dari 3,01, tidak ada nilai mata kuliah dengan huruf mutu (grade) C, D, dan E, bukan dari mahasiswa konversi dan selesai kuliah tepat waktu," katanya lagi.

Di bidang nonakademik, kata dia, kualifikasi prestasi mahasiswa, yakni memiliki prestasi di bidang seni, olahraga dan entrepreneurship, organisator kampus dengan IPK di atas 3,01, dan selesai kuliah tepat waktu. Untuk wisudawan angkatan XVIII, setidaknya ada delapan mahasiswa yang menerima penghargaan tersebut.

"Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada para lulusan yang telah berjuang dan memberikan kontribusi positif pada institusi melalui prestasi yang dihasilkan. Dean List diharapkan juga memotivasi para mahasiswa untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik dan berprestasi," ujarnya lagi.

Lulus dari almamater Kampus Biru, para wisudawan IBI Darmajaya juga diharapkan bisa menjadi generasi muda yang memberikan nilai tambah dengan membawa harapan dan semangat baru, serta menjadi berkat bagi sesama dalam ikut ambil bagian dalam memajukan kesejahteraan masyarakat dan bangsa.

"Alumni Darmajaya harus cerdas tidak hanya intelektual, tetapi juga memiliki berkarakter," katanya pula.

Kepada para wisudawan, dia mengingatkan bahwa gelar sarjana merupakan legalitas yang memiliki makna akademik dan nilai moral yang harus dipelihara dan dijaga dengan baik.

Oleh karena itu, alumni IBI Darmajaya diharapkan dapat mempertanggungjawabkan gelar yang sudah didapatkan.

Wisuda ini dihadiri pejabat Dinas Pendidikan Lampung, Kopertis Wilayah II Sumatera Bagian Selatan, rektor dan pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta, dan pengurus Yayasan Pendidikan Alfian Husin.