Peratin Lampung Barat Ikuti Bimtek

id bupati, lampung barat, mukhlis basri, liwa, perdana

Peratin Lampung Barat Ikuti Bimtek

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Lampung Barat Burlianto Eka Putra (ist).

Liwa, Lampung Barat,  (ANTARA Lampung) - Menjelang pemberlakukan Undang Undang No. 06 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa yang akan mulai diterapkan pada 2015 mendatang, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mulai intensif memberikan pembekalan bagi para perangkat desa di kabupaten ini.
        
Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Lampung Barat Burlianto Eka Putra, di Liwa, Kamis, menyampaikan bahwa pada Rabu (15/10) seluruh peratin (kepala desa) di daerah ini yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Lampung Barat mengikuti kegiatan bimbingan teknis tentang penerapan tata kelola pemerintahan desa yang diselenggarakan di Hotel Sahid Rich Yogyakarta.
        
Kegiatan itu diselenggarakan atas kerja sama Pemkab Lampung Barat bersama Pusat Studi Hukum dan Otonomi Daerah Kemendagri yang menyelenggarakan Bimbingan Teknis dan Pelatihan Orientasi Teknis Pemerintahan Desa, berlangsung sejak Rabu (15/10) dan akan berakhir Jumat (17/10), katanya lagi.
        
Selain 131 peratin (kepala desa) sebagai sasaran pembinaan, pembukaan acara juga dihadiri Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri dan  Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Pekon (BPMPP).
        
Pematerinya antara lain Firman Gana Senapi (Direktur Pemerintahan Desa dan Kelurahan Ditjen PMD Kemendagri), Ipin Arifin (Sekjen DPP APDESI), Sutoro Eko (Staf Khusus Mendagri), Kumorotomo (Guru Besar UGM), dan Zainal Arifin Moochtar (Direktur Pusat Studi Antikorupsi UGM).
 
Saat dikonfirmasi, Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri mengatakan pemerintah pekon adalah unsur penyelenggara pemerintahan pekon bersama Lembaga Himpun Pemekonan (LHP) dan perangkat pekon lainnya dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat di Kabupaten Lampung Barat.
        
"Untuk dapat memahami konteks pemerintahan tersebut, maka perlu dilaksanakan berbagai pembekalan teknis dan orientasi pengetahuan teknis pemerintahan. Sengaja saya hadiri pembukaan acara, karena ini penting untuk pembinaan pemerintahan pekon," ujar Bupati Mukhlis Basri pula.