Gubernur: Pemanfaatan Resi Gudang Dukung Kesejahteraan Petani

id Resi Gudang di Lampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan pemanfaatan optimalisasi sistem resi gudang (SRG) akan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya petani di daerah ini.

"Selama ini pengelolaannya saja yang belum maksimal, sehingga pemanfaatan yang seharusnya baik menjadi kurang tepat sasaran yang membuat para petani pesimistis untuk memanfaatkan sistem resi gudang," kata Gubernur Ridho, saat dihubungi dari Bandarlampung, Sabtu (18/10).

Menurutnya, seluruh pihak terkait harus saling bekerjasama untuk memaksimalkan optimalisasi pemanfaatan sistem resi gudang ini.

Gubernur menyebutkan, akan mengusahakan untuk menambah satu resi gudang lagi dan mengusahakan bantuan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan koperasi.

Ridho mengatakan, SRG di Kabupaten Lampung Selatan merupakan yang pertama dan sudah siap dimanfaatkan dari enam SRG dipersiapkan di Provinsi Lampung.

Hal tersebut, kata dia, menunjukkan langkah serius Pemprov Lampung dalam memajukan dan mengedepankan sektor pertanian Lampung.

"Pertanian Lampung merupakan ujung tombak kemajuan Provinsi Lampung, mengingat sebagian besar masyarakat kita tinggal di perdesaan dan 51 persennya adalah petani," ujarnya.

Dia menegaskan, tak ada lagi alasan untuk tidak menjadikan sektor pertanian sebagai ujung tombak pendongkrak pendapatan daerah.

Berkaitan keberadaan koperasi di daerah ini, Gubernur mengakui, masih belum maksimal dalam pengelolaan serta pemanfaatannya.

"Ada hampir 5.000 koperasi di Lampung, tapi hanya 60 persen yang aktif, ini menunjukkan kita masih belum maksimal," kata dia pula.

Karena itu, menurutnya, ke depan, untuk mengatasi persoalan tersebut, instansi terkait, yakni Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan akan dipisahkan agar dapat berfungsi lebih maksimal.